Medan (ANTARA) - Lalu lintas di sejumlah jalan protokol di pusat Kota Medan Provinsi Sumatera Utara  tampak lengang sehari menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan di lapangan sejak Selasa siang sejumlah jalan protokol di Medan seperti Jalan Diponegoro, Imam Bonjol, HM Thamrin, raden Saleh, A. Yani terlihat hanya dilalui oleh beberapa kendaraan saja baik roda empat maupun roda dua.

Kondisi tersebut tentunya sangat berbeda jika hari-hari bisa, dimana sejumlah jalan protokol tersebut bisanya snagat padat dengan kendaraan bahkan karena padatnya kerap terjadi kemacetan lalu lintas.

Pendi, salah seorang pengemudi yang ditemui, mengatakan, lengangnya jalan tersebut tentunya juga tidak terlepas dari libur panjang menjelang lebaran dan tentunya juga banyak warga yang mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halamannya.

"Dari kemaren memang sudah mulai terasa lengang. Kondisi ini berbanding terbail dengan kalau hari biasa yang rasanya sesak dada ini memandang kondisi jalan yang padat dengan kendaraan," katanya.

Dampak dari libur panjang juga berimbas pada pusat bisnis di sejumlah titik di Kota Medan dimana sejumlah pertokoan mulai sepi dari aktivitas jual beli.

Misalnya di Jalan Asia, yang merupakan salah satu pusat bisnis di Kota Medan, hari ini terlihat sepi dari aktivitas dan juga sudah banyak toko-toko yang tutup.

"Sepi memang bang. Sudah pulang kampung semua orang. nanti lah senin depan baru kemungkinan ramai lagi," kata Hotang, salah seorang juru parkir di Jalan Asia Medan.

Pewarta: Juraidi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019