Jakarta (ANTARA) - Polling sementara untuk menentukan calon Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) menunjukkan Mardani H Maming masih menempati posisi teratas mencapai 60,56 persen.

Melalui situs daring, para anggota HIPMI diajak menentukan Caketum andalan yang akan dipilih dalam Munas Hipmi XVI, 31 Juli 2019.

Sementara ketiga Caketum lainnya, masing-masing; Ajib Hamdani (10,70%), Akbar Buchari (8,96%) dan Bagas Adhadirga (19,79%).

"InsyaAllah saya siap maju untuk membawa Hipmi lebih berkiprah lagi, khususnya mengangkat wajah-wajah baru, pengusaha daerah yang akan diorbitkan bisa naik kelas ke tingkat nasional," ujar Mardani di Jakarta, Selasa.

Mardani yang juga CEO PT Batulicin 69 dan PT Maming 69 -- dua perusahaan holding yang membawahi 35 anak perusahaan mulai dari pertambangan mineral, terminal dan pelabuhan khusus batubara, pengelolaan jalan hauling, underpass, transportasi pertambangan, penyewaan alat berat, penyediaan armada kapal, properti hingga perkebunan -- dalam 'pertarungan' merebut posisi Hipmi1 telah menyiapkan konsep 'Bersinergi Membangun Ekonomi Daerah".

Ia menjelaskan bahwa konsep yang diusungnya itu adalah buah dari pengamatan dan pengalamannya selama menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan selama 2,5 periode, sejak 2010 hingga Juli 2018.

"Sangat sulit bagi pengusaha lokal untuk bisa bersaing dengan pemain kakap, jika tidak ada dukungan dari pemerintah maupun adanya payung hukum yang jelas," tegasnya.

Untuk itulah ia bertekad akan membawa HIPMI lebih berkiprah dan berkontribusi.

"Sinergi HIPMI dengan pemda bisa dilakukan misalnya untuk pengerjaan proyek yang nilainya di bawah Rp200 juta, bisa dilakukan melalui penunjukan langsung kepala daerah kepada pengusaha anggota HIPMI. Di sinilah sebagai organisasi berperan untuk menggodok sistemnya, membuat aturan mainnya, menentukan daftar anggota yang memiliki kelayakan dan yang penting Hipmi bisa membuka akses dan memberikan peluang yang sama besar kepada para pengusaha lokal di tingkat nasional," katanya.

Meski masing-masing pihak gencar melancarkan strateginya di dalam masa kampanye ini, Mardani tetap mengajak agar sesama caketum BPP HIPMI bisa saling menjaga diri dan saling menghormati.

Ia mengatakan bahwa prinsip di HIPMI 'bersaing untuk bersanding' harus terus dijunjung tinggi.

"Apalagi sekarang di penghujung Ramadhan, saatnya colling down," tukasnya.

Baca juga: HIPMI Jaya hadirkan seluruh bakal calon ketua umum di acara buka puasa
Baca juga: Mantan Bupati Tanah Bumbu maju sebagai kandidat Ketum HIPMI



 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019