Kulon Progo (ANTARA) - Pelaksanaan takbir keliling menjelang Lebaran 2019 di setiap kecamatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjalan lancar, tertib dan aman.

Kabag Ops Polres Kulon Progo Kompol Sudarmawan di Kulon Progo, Selasa, mengatakan di seluruh kecamatan menyelenggarakan kegiatan takbir keliling di malam takbiran.

"Berdasarkan laporan dari polsek-polsek, kegiatan takbir keliling di beberapa desa sudah selesai dilaksanakan. Kami menginstruksikan supaya kegiatan takbir keliling paling lambat selesai sebelum 00.00 WIB," kata Sudarmawan.

Sudarmawan mengatakan pihaknya menempatkan personel dan pengawalan terhadap peserta takbir keliling di kecamatan yang berpotensi bentrok antarpeserta.

"Kecamatan potensi bentrok antarpeserta takbir keliling di Pengasih dan Wates. Takbir keliling 2018, di Desa Margosari, Kecamatan Pengasih ada bentrok. Untuk itu, kami antisipasi hal tersebut," katanya.

Terkait kondisi keamanan setelah kejadian bom bunuh diri di Sukoharjo (Jawa Tengah), ia memastikan kondisi di wilayah Kulon Progo masih kondusif. Namun demikian, Polres Kulon Progo memperketat pengamanan di pos pelayanan dan pos pengamanan, serta markas polres dan polsek.

"Berdasarkan laporan intelijen, kondisi keamanan di Kulon Progo aman dan kondusif," katanya.

Baca juga: Anies naik mobil double cabin pantau takbir keliling di Tanah Abang

Baca juga: Warga Muntok gelar takbir keliling semarakkan Idul Fitri

Pewarta: Sutarmi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019