Pada perayaan Idul Fitri, sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Indonesian Networking Development UK (INDUK) ikut menyumbangkan beberapa lagu bernada qasidahan
London (ANTARA) - Suasana Lebaran di Inggris pada tahun 2019 ini terasa sangat istimewa karena selain masyarakat Indonesia dapat menikmati hidangan kuliner khas Lebaran seperti opor ayam, rendang, telur balado dan kerupuk, mereka juga dapat menikmati alunan merdu kesenian khas Jawa Barat.

Kehadiran komposer musik Iwan Gunawan dengan grup Kyai Fatahilah didatangkan secara khusus dari Indonesia memeriahkan perayaan Idul Fitri di London memberikan suasana yang berbeda dari lebaran pada tahun sebelumnya, demikian Minister Counselor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara London, Selasa.

Lebih dari 1.200 orang memadati tenda yang merupakan tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440H bertempat di Wisma Nusantara, Kediaman resmi Duta Besar RI London, telah diselenggarakan sholat Idul Fitri 1440H, pada Selasa pagi (4/6) tepat pukul 09.30 BST (British Summer Time),

Bertindak sebagai Imam sekaligus Khatib dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440H, ustad Abdul Atiq Syarifuddin, MA, lulusan Universitas Umm-Al Qurra, Mekkah yang secara khusus didatangkan dari Jakarta.

Dalam khutbahnya, ustad Atiq menjelaskan mengenai hikmah yang dapat diperoleh setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Dikatakanya, ada empat hal yang dapat dijadikan bekal untuk kembali ke kampung akhirat, yakni taqwa, amal sholeh, ikhlas dan shadaqah. Taqwa akan memberikan solusi dalam kehidupan dimana rezki akan dimudahkan Allah SWT. Sementara sikap ikhlas, amal sholeh dan shadaqah akan memberikan ketenangan dan sebagai penerang dalam kehidupan.

Pada bagian lain khutbahnya, ustad Atiq menekankan agar pascaRamadhan beribadah dengan maksimal, berbakti pada orangtua, menunaikan kewajiban tugas dalam rumah tangga, menebar kebaikan, dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi umat manusia serta menunaikan amanah dengan baik dan jujur.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440H, pada pukul 10.30 sampai pukul tiga BST, Dubes RI London, Dr Rizal Sukma beserta Ibu Hanna A. Satriyo dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) dan Mandiri di London, menerima masyarakat Indonesia di Inggris dalam acara Halal Bil Halal dan Temu Masyarakat.

Acara ini dihadiri lebih dari 1.500 warga Indonesia yang tinggal di Inggris baik yang beragama Islam maupun agama lainnya. Tampak hadir juga sejumlah warga Inggris yang merupakan mitra kerja staf KBRI London yang diundang merasakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan ala Indonesia.

Kehadiran komposer musik Iwan Gunawan dengan grup Kyai Fatahilah memeriahkan perayaan Idul Fitri di London memberikan suasana yang berbeda dari lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Alunan kendang yang lincah dengan tiupan seruling menggabungkan gamelan Jawa dan Sunda terdengar begitu harmonis dan menyejukan.

Nuansa khas bumi Parahyangan semakin terasa saat grup kesenian Kyai Fatahilah berkolaborasi dengan Degung Sunda Sekar Engal pimpinan Simon Cook. Cengkok khas Sunda yang dibawakan sinden menggerakan sejumlah penonton untuk bergoyang dan menari bersama.

Pada perayaan Idul Fitri, sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Indonesian Networking Development UK (INDUK) ikut menyumbangkan beberapa lagu bernada qasidahan.

Rahmat, mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi S2 di salah satu perguruan tinggi di Inggris menyatakan rasa bahagianya dapat mengikuti sholat Idul Fitri di Wisma Nusantara dan merasakan makanan khas lebaran.

Ia juga sangat senang saat mendengarkan alunan musik Sunda dimainkan komposer Iwan dan tim keseniannya. Serasa sedang mudik ke kampung halamannya di Garut, ujarnya.

Dubes RI London, Dr Rizal Sukma mengungkapkan kegembiraannya melihat soliditas dan kerja sama seluruh elemen masyarakat Indonesia di London baik pada saat persiapan maupun saat pelaksanaan kegiatan sehingga berjalan tertib dan khidmat.

Kegembiraan Dubes Rizal Sukma juga tampak saat menikmati penampilan komposer Iwan yang menurutnya sangat tepat untuk dipromosikan kepada publik Inggris yang menyukai seni musik yang dinamis.

Dubes Rizal Sukma mengatakan, kegiatan sholat Idul Fitri dan acara Halal Bil Halal Masyarakat Indonesia di Inggris merupakan ritual umat muslim Indonesia di Inggris merupakan sarana mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Kegiatan sholat Idul Fitri 1440H dan Halal Bil Halal merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Ramadhan 1440H yang diadakan KBRI London bekerja sama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London.

Kegiatan ini mendapat sambutan dari seluruh warga Indonesia yang tinggal di Inggris karena memberikan kesempatan berkumpul bersama, berbagi kebahagiaan tanpa memandang latar belakang agama, suku dan sebagainya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019