Saya begitu rindu dengan situasi seperti ini, ribuan warga saya berkumpul di lapangan ini dalam rangka bergembira menyambut hari kemenangan, mari kita jaga kerukunan umat beragama
Pangkalpinang, (ANTARA) - Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil menyampaikan pesan kerukunan umat beragam a dalam sambutannya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di Alun-alun Taman Merdeka (ATM), Rabu pagi.

"Saya begitu rindu dengan situasi seperti ini, ribuan warga saya berkumpul di lapangan ini dalam rangka bergembira menyambut hari kemenangan, mari kita jaga kerukunan umat beragama," ujarnya.

Maulan Aklil merasa sangat terharu karena puluhan ribu warga berkumpul di ATM mengikuti Shalat Idul Fitri yang diselenggarakan Pemkot Pangkalpinang.

"Sudah lama saya merindukan suasana seperti ini, mulai dari takbir keliling tadi malam hingga puncaknya pagi hari ini. Persatuan umat sangat tampak dan kerukunan terjaga dengan baik," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Maulan Aklil berpesan kepada masyarakat kota untuk menjaga kerukunan antar umat dan saudara non Islam, juga kerukunan umat dengan pemerintah.

"Perlu kami sampaikan bahwa kami hadir sebagai pelayanan masyarakat, maka manfaatkan kami sebagai pelayan dan bantu kami untuk pembangunan kota ini," ujarnya.

Sementara Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim yang bertindak sebagai Khatib Shalat Idul Fitri dalam ceramahnya menyerukan persatuan Umat Islam.

"Hanya iman yang bisa mempersatukan kita dan momentum Idul Fitri ini menghantarkan kita dalam kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Ia mengatakan, kemajuan suatu kota bukan hanya dilihat dari kekayaan alamnya tetapi juga ditentukan dengan nilai kebersamaan dan keharmonisan.

"Maka pelihara persatuan, jangan terbelah dan tercabik karena sangat menguras otak dan tenaga yang pada akhirnya menghambat kemajuan," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019