counter

Warga Kampung Akuarium santap soto usai Shalat Id

Warga Kampung Akuarium santap soto usai Shalat Id

Koordinator Wilayah Kampung Akuarium Dharma Diani membagikan soto ayam kepada warga setempat usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 H di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (5/6/2019). ANTARA/Dewa Wiguna/aa

Jakarta (ANTARA) - Warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara menyantap soto ayam yang memiliki makna tersendiri dalam merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Kalau di sini hampir kebanyakan orang Bugis Makassar yang senang dengan soto, orang Jawa juga punya soto, universal saja jadi soto," kata Koordinator Wilayah Kampung Akuarium Dharma Diani di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu.

Sajian kuliner tersebut berbeda dengan menu khas Lebaran tahun-tahun sebelumnya yang biasanya menyajikan ketupat dan opor ayam.

Ibu empat anak itu mengatakan soto ayam dan daging tersebut diracik oleh ibu-ibu kampung setempat yang dimasak sejak pukul 03.00 WIB.

Sebanyak 200 porsi soto ayam disajikan di atas meja di depan Mushalla Al Ma'mur yang berada di lingkungan selter.

Menu itu kemudian disantap usai mereka melaksanakan Shalat Id dengan imam sekaligus khatib Ustadz Jasimin di halaman selter setempat.

Selain soto, warga juga menyantap beberapa camilan, seperti kue kering, kacang goreng dan dilengkapi es teh.

Kebersamaan menjadi inti utama bagi warga Kampung Akuarium saat mereka merayakan Lebaran.

"Menu itu untuk mengikat kami, habis Shalat Id tidak langsung pulang, tapi bisa kumpul, foto bersama, bercanda sambil menikmati hidangan walau sederhana tapi setidaknya bisa berbagi," kata perempuan berhijab itu.
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kampung Akuarium nikmati masakan chef hotel bintang lima

Komentar