Ini adalah ambang batas maksimal kendaraan yang melintasi tol Manado-Bitung yang saat ini difungsikan bersamaan dengan Lebaran
Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado- Bitung, George Manurung berharap pengemudi yang melintas di ruas tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) saat arus mudik Lebaran 2019  tidak berkendara melebihi kecepatan 60 kilometer/jam.

"Ini adalah ambang batas maksimal kendaraan yang melintasi tol Manado-Bitung yang saat ini difungsikan bersamaan dengan Lebaran," katanya di Manado, Rabu.

Tak hanya melarang pengendara memacu kendaraan melebihi kecepatan maksimum 60 kilometer/jam, pengguna jalan tol diharapkan tidak melakukan swafoto atau mengambil gambar.

"Hal-hal ini (mengambil gambar) tidak kami anjurkan bagi pengemudi ataupun penumpang yang melintasi jalan tol, sangat berbahaya dan bisa memicu kecelakaan lalu lintas," katanya.

Jasa Marga, kata dia, ketika bertugas di lapangan memantau pergerakan kendaraan yang melintas setiap waktu terus berkoordinasi dengan satuan polisi lalu lintas.

"Intinya kita menyiapkan derek untuk kendaraan yang mogok ataupun ambulance untuk membantu apabila terjadi kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Ia kembali menegaskan, sejak difungsionalkan pada tanggal 29 Mei 2019, kendaraan yang diberikan izin melintasi ruas jalan tol dari simpang susun Airmadidi hingga Manembo-nembo adalah kendaraan golongan I.

Golongan I mencakup jenis kendaraan sedan, jip, pick-up/truk kecil dan bus.

"Kendaraan roda dua atau sepeda motor tidak kami izinkan melintasi ruas jalan tol ini. Kami tetap berharap pengendara memperhatikan rambu lalu lintas yang dipasang di ruas tol," ujarnya.

Ia kembali menegaskan, untuk arus mudik (arah Manado-Bitung) dibuka sejak tanggal 29 Mei-6 Juni 2019, sementara arus balik (arah Bitung-Manado) dibuka tanggal 7-11 Juni 2019.

"Ruas jalan tol dibuka sejak pukul 08.00-17.00 WITA," demikian George Manurung.

Baca juga: Pemudik di Tol Manado-Bitung digratiskan

Baca juga: 3.590 kendaraan melintasi tol Manado-Bitung

​​​​​​​
Baca juga: 2 Posko Lebaran dibuka di Tol Manado-Bitung

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019