Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Momen libur hari raya Idul Fitri,
Selain diisi dengan aktivitas mudik dan berhari raya ke rumah sanak saudara serta keluarga, juga bisa dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat wisata.

Wisata adventure (petualangan) di lokasi Ekowisata Toapaya Selatan (Tosela), Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, barangkali menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengisi libur masyarakat pada lebaran tahun ini.

Ekowisata Tosela ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Area seluas lebih kurang 9 hektare itu ditata untuk area rekreasi race ATV, sepeda gunung dan olahraga panah.

Lokasi tersebut berada di dalam perkebunan durian, mangga dan sejumlah jenis tanaman buah-buahan lainnya. Bahkan, di lokasi ini pula, pengelola Ekowisata Tosela menyediakan paket wisata mangrove sepanjang 10 kilometer, dengan durasi waktu 1 jam 30 menit.

"Lebaran kedua atau Kamis (6/6), kami sudah mulai buka untuk pengunjung," kata Suhenda, Kades Toapaya Selatan selaku penanggung jawab ekowisata Tosela Bintan, Rabu (5/6).

Untuk tarif beragam sesuai dengan paket yang ditawarkan. Dia katakan dengan bermain 30 menit, pengunjung sudah bisa menikmati sepeda gunung, race ATV dan memanah. Tarif paket khusus ini sebesar Rp55 ribu per orang, per 30 menit.

"Itu sudah termasuk bonus air mineral. Kalau hanya sepeda gunung, tarifnya Rp20 ribu per jam, plus air mineral. Sedangkan panahan, Rp15 ribu per 6 busur," jelasnya.

Fasilitas lainnya, kata Suhenda, di area Ekowisata Tosela juga menyediakan gazebo, etalase, dan pokcai serta adventure bersama ATV.

"Sewa gazebo Rp20 ribu per sekali pakai, kalau etalase Rp10 ribu. Kalau pokcai untuk tour wisata mangrove Rp50 ribu per orang, sudah disediakan makanan ringan," kata Suhenda.*


Baca juga: Ekowisata Boonpring kembangkan wisata edukasi bambu

Baca juga: Wisatawan asing mulai kunjungi Ekowisata Pastap Julu Madina

Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019