Memang kami datang melakukan open house dengan bapak gubernur dan wakil gubernur dalam jumlah tidak terlalu banyak karena sejumlah pejabat kami masih melakukan tugas sosial bagi korban bencana banjir di sejumlah lokasi
Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi bersama istri Ny Agista Ariani Ali Mazi menerima sejumlah bupati dan wakil bupati di rumah jabatan gubernur Jalan made Sabara, Mandonga Kota Kendari, Kamis, dalam "open house" hari kedua (H+2) Idul Fitri (Lebaran) 1440 Hijirah..

Awal kedatangan para bupati, wakil bupati dan puluhan pimpinan SKPD diawali Bupati Kolaka Ahmad Safei dan Wakil Bupati Muh.Jayadin bersama istri serta Sekda H Puito Murtopo dan para pimpinan SKPD yang diterima gubernur pada pukul 10.35 WITA.

Sekitar pukul 11.20 WITA muncul Bupati Kolaka Utara, Muh.Nur Rahman bersama istri didampingi sejumlah kepala dinas dan pejabat veritikal lainnya.

"Tak ada pembicaraan khusus dari kedatangan para bupati dan wakil bupati pada open house itu, karena tujuannya memang semata untuk melakukan silaturrahim yang merupakan kegiatan tahunan Lebaran," kata Plt Kadis Kominfo Sultra, Saefullah.

Kemudian sekitar pukul12.30 WITA  datang bupati Bombana H Tafdil bersama Wakil Bupati Johan Salim masing-masing bersama istri dan Sekda Burhanuddin HS Noy bersama istri dan Kapolres AKBP Andi Adnan dan sejumlah pejabat eselon dua dan tiga.
Gubernur Sultra Ali Mazi dan istri Ny Agista Ariani saat melakukan open house dengan bupati dan wakil bupati Bombana di rujab gubernur di Kendari, Kamis. (FOTO ANTARA/ Azis Senong)

Beberapa menit kemudian, muncul Bupati Konawe Utara, Ruksamin dan Wakil Bupati Abdul Rauf masing-masing dengan istri dan sejumlah pejabat lainnya, yang datang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

"Memang kami datang melakukan open house dengan bapak gubernur dan wakil gubernur dalam jumlah tidak terlalu banyak karena sejumlah pejabat kami masih melakukan tugas sosial bagi korban bencana banjir di sejumlah lokasi yang terkena banjir," kata Bupati Ruksamin.

Kemudian, sektitar pukul 14.00 WITA, giliran Bupati Muna LM Rusman Emba bersama beberapa pejabat eselon dua yang mendampinginya.

"Kami berangkat dari Muna sekitar pukul 08.00 WITA dengan menggunakan kapal laut. Dan yang datang ini hanya belasan orang pejabat saja," kata Rusman Emba.

Rusaman menjelaskan bahwa kondisi cuaca ombak dari Raha ke Kendari akhir-akhir ini cukup ektrem sehingga membuat ibu-ibu membatalkan datang bersiturrahim.

"Yang pasti bahwa acara ibu-ibu akan terjadwal pada kesempatan lain dalam suasana Idul Fitri atau pada saat kegiatan halal bi halal," ujarnya.

Para bupati dan wakil bupati setelah melakukan open house di rumaj jabatan gubernur, kemudian melanjutkan hal yang sama dengan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari halaman rumah gubernur itu.

Plt Kadis Kominfo Sultra Saefullah mengatakan, Gubernur Ali Mazi bersama istri melakukan open housa selama sehari penuh mulai pagi hingga malam nanti dengan harapan, semua bupati, wali kota dan para wakil bupati dan sekda dari 17 kabupaten kota se-Sultra bisa datang hari ini sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Menurut Saefullah, kehadiran para bupati melakukan open hause ordengan gubernur Sultra sudah diatur waktunya yakni mulai pukul 10.30 WITA hingga pukul 21.30 WITA.

"Open house pada hari pertama Lebaran dihadiri Wali kota Kendari Sulkarnain Kadir bersama istri, Sekda Kota Ny Nahya Umar dan sejumlah pejabat eselon dua dan Forkopimkot," ujarnya.

Baca juga: Ali Mazi imbau jasa transportasi kerja profesional di mudik Lebaran

Baca juga: Antisipasi mudik Lebaran, Dishub Sultra siapkan armada cadangan

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019