Kemenhub: Bandara kembali bersiap layani arus balik

Kemenhub: Bandara kembali bersiap layani arus balik

Dirjen Hubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti saat mengecek laporan data penumpang di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Bandara Syamsudin Noor. (antara/foto/firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan setelah arus mudik moda transportasi pesawat terbang berlangsung lancar, kembali disiapkan seluruh bandara untuk melayani arus balik yang diprediksi terjadi mulai H+2 atau Sabtu (8/6).

Hal itu dikatakan Polana saat meninjau Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat untuk melihat situasi arus balik sekaligus mengecek fasilitas bandara.

"Nampak terlihat untuk hari ini masih sepi pemudik untuk arus balik. Semuanya berjalan normal dan tidak ada kejadian menonjol yang dilaporkan ke saya," terangnya kepada wartawan.

Dia pun mengaku bersyukur untuk di Bandara Syamsudin Noor semua pemudik dapat terangkut dan tidak ada keluhan dari calon penumpang.

Begitu juga dengan pelayanan petugas gabungan di Posko Terpadu Angkutan Lebaran, juga sangat baik dan maksimal hingga kelancaran arus mudik dapat terlihat di bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan itu.

Bahkan di hari Lebaran sekalipun, masih cukup ramai hingga tembus di angka 5.093 penumpang. Dimana untuk pergerakan pesawat ada 27 yang datang dengan jumlah penumpang 1.281 orang. Sedangkan yang berangkat dari Banjarmasin sebanyak 29 kali penerbangan dengan jumlah penumpang 3.812 orang.

"Untuk penumpang tertinggi di sini terjadi pada H-6 Lebaran tanggal 30 Mei 2019 yaitu 11.334 orang. Kemudian pergerakan pesawat tertinggi di H-3 dengan 91 pesawat," tuturnya.

 

Polana mengakui, tahun ini penurunan jumlah penumpang terjadi hampir di seluruh bandara. Untuk itu, kedepannya dia berharap dengan segala kebijakan dan pelayanan yang semakin baik, jumlah penumpang terus meningkat signifikan.

"Apalagi Bandara Syamsudin Noor bersiap dengan wajah baru di akhir tahun ini. Tentu menambah semangat seluruh petugas memberikan pelayanan terbaik untuk calon penumpang," tandasnya.

Kehadiran orang nomor satu di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara itu disambut General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty dan jajaran serta General Manager Airnav Indonesia cabang Banjarmasin Anton Krishna Saputra.

Pewarta: Firman
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar