Banjarbaru (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Hubud), Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti memimpin langsung "ramp check" (inspeksi keselamatan) pesawat di Bandara Syamsudin Noor pada Jumat (7/6).

Sebuah pesawat dari maskapai Garuda Indonesia yang bersiap terbang mengangkut penumpang, menjadi sasarannya untuk diperiksa secara detail.

Polana yang didampingi para staf pemeriksa baik airworthiness inspector, flight operation inspector, cabin safety inspector dan aircraft dispatcher inspector, nampak memeriksa sejumlah komponen pesawat seperti roda, gas turbine, ruang bagasi hingga kokpit, menemui pilot yang sudah siap pada ruang kemudi.

"Ramp check ini sebenarnya dilakukan setiap hari saat pesawat akan take off untuk memastikan laik terbang. Namun khusus di momen mudik Lebaran ini ditambah lagi pengawasannya," kata Polana.

Dia juga memastikan jika dari 546 pesawat yang melayani angkutan mudik Lebaran tahun ini sudah dilakukan pemeriksaan semua. Bahkan, ramp check dilakukan lebih dari 1.000 kali.

"Artinya, satu pesawat sudah dilakukan ramp check dua sampai tiga kali khusus di momen mudik Lebaran ini saja," katanya.


Menurut Polana, pihaknya ingin memberikan rasa aman dan nyaman pada pemudik yang menggunakan transportasi udara. Ramp check dan inspeksi runway dilakukan guna memastikan keselamatan dan keamanan penumpang.

Wanita alumnus Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB) inipun mengaku telah berkeliling ke berbagai bandara di tanah air selama momen arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini.

"Semua pelayanan di bandara dilaporkan lancar terkendali. Begitu juga kesiapan maskapai, sehingga seluruh pemudik dapat terangkut dan tidak ada kejadian menonjol yang menyebabkan terganggunya kelancaran penerbangan," tandasnya.

Sementara General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty menuturkan jika kehadiran Dirjen Hubud tentunya menjadi suntikan motivasi bagi jajarannya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi calon penumpang.

"Kami berterima kasih ibu Dirjen bisa mampir dan Bandara Syamsudin Noor mendapat atensi dan apresiasi dari beliau atas kelancaran arus mudik tahun ini," tuturnya didampingi Manager Operasi Bandara Syamsudin Noor Rully Artha serta General Manager Airnav Indonesia cabang Banjarmasin Anton Krishna Saputra yang turut hadir menyambut kedatangan Dirjen Hubud.

Pewarta: Firman
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019