Banjarmasin (ANTARA) - Sejumlah objek wisata di daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalimantan Selatan (Kalsel) belum ramai pengunjung pada H+2 Idul Fitri 1440 H.

Pewarta Antara Kalsel di Banjarmasin yang melakukan perjalanan ke Banua Anam, Jumat melaporkan, belum ramainya objek wisata tersebut, antara lain karena waktu masih terbatas atau baru acara silaturahmi keluarga/sanak famili.

Namun sejak sore atau sesudah shalat Jumaat, pengunjung terutama para remaja mulai ramai mendatangi objek-objek wisata yang ada di Banua Anam Kalsel.

Daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong yang berbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) serta Kalimantan Tengah (Kalteng) .

Sebagai contoh objek wisata yang terdapat di "Bumi Murakata" HST antara lain Loglaga Kecamatan Haruyan, Taman Rekreasi Pagat dan Baruh Bunga (tempat outbond) Kecamatan Batu Benawa, serta permandian air panas Timan Kecamatan Hantakan.

Khusus Taman Rekreasi Pagat, di antara pengunjung/remaja ada berkemah - mendirikan tenda, serta membawa perlengkapan memasak seperlunya, seperti remaja dari daerah tetangga Kabupaten HSU.

Selain itu membawa peralatan musik guna menghibur diri mereka di keheningan malam alam perbukitan kawasan Pegunungan Meratus.

Sementara objek wisata Baruh Bunga selain menyediakan jenis permainan seperti bermain air, juga ada tempat menginap pengunjung jika memerlukan.

Sedangkan di "Bumi Perjuangan Antaluddin" HSS ada objek wisata Gunung Batu Bini serta Permandian air panas Tanubi, dan di Tapin terdapat Goa Batuhapu Binuang.

Pewarta: Sukarli
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019