Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putra Serbia pada Jumat mengumumkan roster awal mereka yang berisikan 34 pemain untuk Piala Dunia Basket 2019 di China, Agustus mendatang.

Dari 34 pemain tersebut nantinya akan disaring menjadi 12 pemain yang bakal diboyong ke China, demikian dilansir laman resmi FIBA.

Sejumlah nama yang berkarier di NBA menjadi sorotan dalam daftar roster awal Serbia termasuk Nikola Jokic yang menjadi bintang Denver Nuggets dan mengantarkan tim itu mencapai semifinal Wilayah Barat NBA musim ini sekaligus terpilih masuk ke dalam Tim Utama All-NBA.

Duo Sacramento Kings Bogdan Bogdanovic dan Nemanja Bjelica serta penggawa Philadelphia 76ers juga tercantum dalam daftar tersebut.

Nama-nama berpengalaman lain yang dipanggil adalah Milos Teodosic, Vasilije Micic, Nikola Kalinic, Nikola Milutinov serta Miroslav Raduljica, yang melantai di Liga Basket China (CBA) bersama Jiangsu Dragons.

Serbia dalam penampilannya di tiga turnamen bergengsi terakhir selalu berakhir menjadi runner-up. Mereka kalah dari Amerika Serikat di final Piala Dunia Basket 2014 dan final Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brazil, serta ditaklukkan Slovenia di final EuroBasket 2017 lalu.

Tim besutan Aleksandar Djordjevic itu akan memulai pemusatan latihan di pegunungan Kopaonik mulai 21 Juli, sebelum menjalani sejumlah laga persahabatan serta Piala Acropolis di Yunani sebagai persiapan akhir menyongsong Piala Dunia Basket.

Mereka akan menghadapi klub lokal Borac Cacak pada 4 Agustus, kemudian Finlandia (7 Agustus), Lithuania (10 dan 12 Agustus), bermain di Piala Acropolis (16-18 Agustus), menghadapi Italia (23 Agustus), Selandia Baru (25 Agustus) dan Prancis (27 Agustus).

Di China mereka tergabung dengan Italia, Angola dan Filipina di Grup D dan bakal menghadapi Angola dalam laga pembukaan turnamen di Foshan, 31 Agustus.

Berikut daftar 34 pemain roster awal Serbia jelang Piala Dunia Basket 2019:

Guard: Milos Teodosic (bebas kontrak), Vasilije Micic (Anadolu Efes), Stefan Jovic (Bayern Muenchen), Stefan Pot (FMP), Ilija Dokovic (Borac Cacak), Nemanja Nedovic (Olimpia Milano), Bodan Bogdanovic (Sacramento Kings), Dragan Milosavljevic (Unicaja), Marko Guduric (Fenerbahce), Branko Lazic (Crvena Zvevda Mts), Aleksa Avramovic (Varese), Vanja Marinkovic (Partizan NIS), Ognjen Jaramaz (Partizan NIS)

Forward: Marko Simonovic (Zenit St. Petersburg), Vladimir Lucic (Bayern Muenchen), Dejan Todorovic (UCAM Murcia), Nikola Kalinic (Fenerbahce), Ognjen Dobric (Crvena Zvevda Mts), Nemanja Dangubic (Bayern Muenchen), Rade Zagorac (Partizan NIS), Milan Macvan (Bayern Muenchen), Nemanja Bjelica (Sacramento Kings), Stevan Jelovac (Gaziantep), Stefan Bircevic (Baskets Bonn), Nikola Miskovic (Mega Bemax), Borisa Simanic (Crvena Zvevda Mts)

Center: Nikola Jokic (Denver Nuggets), Miroslav Raduljica (Jiangsu Dragons), Boban Marjanovic (Philadelphia 76ers), Nikola Milutinov (Olympiakos), Ognjen Kuzmic (Real Madrid), Nikola Jovanovic (Dolomiti Energia Trento), Dejan Kravic (Virtus Bologna), Dragan Apic (Lokomotiv Kuban)

Baca juga: Indonesia kirimkan wakil di Piala Dunia Basket 2019

Baca juga: Harja Jaladri persiapkan fisik untuk Piala Dunia Bola Basket 2019

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019