Padang, (ANTARA) - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan ketersediaan bahan bakar minyak di Sumatera Barat aman saat arus balik Lebaran 1440 Hijriah

Unit Manager Communication & CSR MOR I Roby Hervindo melalui keterangan pers di Padang, Sabtu, mengatakan sedang bersiap menghadapi arus balik dengan memperkuat ketahanan stok bahan bakar minyak.

"Pertamina bersiap menghadapi Terminal BBM Teluk Kabung mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga lima belas hari ke depan,” katanya..

Selain itu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Pertamina juga mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kantong di lokasi yang mengalami peningkatan konsumsi BBM.

Ia mengatakan saat ini ada tiga SPBU Kantong yang disiapkan Pertamina untuk melayani masyarakat di jalur wisata, yakni SPBU Baso Bukittinggi, SPBU Padang Panjang dan SPBU Air Putih 50 Kota

Selain itu juga dioperasikan SPBU motoris yang dibawa oleh sepeda motor kepada masyarakat yang terjebak kemacetan.

"Untuk SPBU motoris ini kita siagakan di SPBU Batagak dan SPBU Baso," katanya.

Sebelumnya Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat memprediksi puncak kemacetan akan terjadi di sejumlah objek wisata yang ada di provinsi itu.

“Kita akan fokuskan pengamanan selanjutnya di objek wisata karena akan dikunjungi oleh masyarakat dan pemudik yang datang dari luar daerah,” kata dia.

Menurut dia ramainya kunjungan masyarakat akan membuat volume kendaraan meningkat drastis terutama jalur Kota Padang menuju Kota Bukttinggi serta Bukittinggi menuju Pekanbaru.

“Kita sudah memetakan lokasi tersebut dan apabila terjadi kemacetan kita akan lakukan rekayasa lalu lintas sehingga arus kendaraan dapat berjalan lancar,” kata dia.*


Baca juga: Permintaan premium di Sumut naik hingga 20 persen

Baca juga: Pertamina siapkan BBM 700 KL arus balik

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019