Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 126/KC merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dengan warga Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Pabintal Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 126/KC Letda Inf Akhyar Nasution ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu, mengatakan bentuk perayaan Lebaran bersama warga perbatasan yang ada di Arso, Kabupaten Keerom, dengan melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Miftanul Huda Pir IV pada Rabu (5/6) dengan Imam Ustad Wahab.

"Setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri, kami makan bersama dengan menyantap hidangan yang telah disiapkan di Pos Kotis, kemudian dilanjutkan kegiatan ramah tamah dengan Komandan Satgas dengan seluruh Prajurit Satgas Yonif 126/KC," katanya.

Disinggung soal pengamanan sewaktu bulan puasa, Akhyar Nasution menyampaikan bahwa selain melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas, Yonif 126/KC juga membantu pengamanan lebaran dan melaksanakan sejumlah kegiatan.

"Untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri sehari sebelumnya telah dilaksanakan perlombaan Tilawatil Al Quran dan lomba Adzan antar pos jajaran Satgas Yonif 126/KC dan pada malam harinya dilaksanakan takbiran di Mushola Pos Kotis," katanya.

Dia mengatakan bahwa perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. "Karena tahun ini, kami prajurit Satgas Yonif 126/KC harus merayakan Hari Raya Idul Fitri di daerah penugasan yang jauh dari keluarga maupun sanak saudara," kata Akhyar Nasution.

Sementara itu, komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi menyampaikan walaupun Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah tidak dirayakan bersama keluarga dan hanya di daerah penugasan.

"Tapi suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan dengan warga di Arso Kabupaten Keerom membuat Hari Raya Idul Fitri tahun ini juga terasa indah," katanya.*


Baca juga: Satgas Pamtas Yonif 126/KC perbaiki PLTS Kampung Banda

Baca juga: Personel Yonif 725/WRG dan Yonif 126/KC gelar olah raga bersama

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019