Tingkat kunjungan terus meningkat sejak hari kedua (H2) Lebaran yang mencapai puluhan ribu orang, bahkan hari ketiga (H+1) setelah lebaran angka kunjungan lebih meningkat.
Cianjur (ANTARA) - Tingkat kunjungan ke sejumlah tempat wisata di kawasan Puncak-Cianjur, Jawa Barat, meningkat tajam sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, meskipun untuk sampai ke tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, membutuhkan waktu yang cukup lama.

Staf Humas Taman Bunga Nusantara, Saeful Alim saat dihubungi Sabtu (8/6), mengatakan tingkat kunjungan terus meningkat sejak hari kedua (H2) Lebaran yang mencapai puluhan ribu orang, bahkan hari ketiga (H+1) setelah lebaran angka kunjungan lebih meningkat.

Akibat melonjaknya angka kunjungan menyebabkan antrean panjang dari kedua arah, terutama menjelang ditutupnya tempat wisata yang menyajikan berjuta bunga, dan alam imajinasi untuk para pengunjung. Antrean kendaraan akan terlihat memanjang di jalur wisata yang merupakan jalur alternatif di Jalur Puncak-Cipanas.

"Sampai pukul 2.00 WIB, angka kunjungan diperkirakan sudah lebih dari 20 ribu orang dan diperkirakan hari Ini (Sabtu-red)merupakan puncak kunjungan. Untuk besok (Minggu, 9/6) diperkirakan angka kunjungan tetap tinggi karena masih libur panjang sekolah," katanya.

Hal yang sama terucap dari staf humas Kebun Raya Cibodas, Tatang. Meskipun jalur Puncak-Cipanas, mengalami antrean panjang, namun tidak mempengaruhi angka kunjungan ke tempat wisata berhawa pegunungan dengan koleksi pohon besar dibagian tengan kebun raya.

"Sampai hari ini, angka kunjungan masih tetap tinggi. Diperkirakan Hari ketiga lebaran angka kunjungan mencapai 20 ribu orang. Sebagian besar pemudik dan pendatang yang sengaja berlibur sambil menunggu dibukanya satu jalur menuju Bogor," katanya.

Ia menjelaskan, selama libur panjang hari raya, angka kunjungan ke Kebun Raya Cibodas, selalu meningkat setiap tahunnya terutama rombongan keluarga besar dari berbagai daerah menggelar halal bihalal di kawasan tersebut.

Sementara sejumlah wisatawan yang ditemui berharap ada jalur alternatif yang dibangun pemerintah pusat seperti Puncak II agar memudahkan warga dan wisatawan untuk sampai ke tempat wisata yang di favoritkan setiap libur hari raya karena selama ini mereka harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk sampai ke tujuan.

"Kalau tidak macet dari Jakarta ke Cibodas hanya butuh waktu 3 jam sampai. Namun macetnya jalur tersebut pada libur panjang dan hari raya, membuat wisatawan malas untuk merekomendasikan ke kerabat atau teman. Harapan kami ada jalur alternatif yang memudahkan wisatawan," kata Rudi wisatawan asal Depok.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019