Arus balik di jalur Ajibarang-Bumiayu macet

Arus balik di jalur Ajibarang-Bumiayu macet

Antrean kendaraan dari arah Wangon dan Purwokerto di simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, yang hendak menuju jalur pantura/tol Trans Jateng melalui Bumiayu, Kabupaten Brebes, Sabtu (8/6/2019) malam. (Foto: Sumarwoto)

Tadi di sepanjang perjalanan banyak kemacetan seperti di daerah Kebumen. Namun di sini tampaknya parah banget,
Banyumas (ANTARA) - Arus balik lebaran 2019 di ruas jalan Ajibarang-Bumiayu yang merupakan penghubung jalur selatan Jawa Tengah dengan jalur pantura/tol Trans Jawa pada H+2 Lebaran 2019 terpantau macet.

Dari pantauan di Pos Pelayanan Terpadu Lebaran 2019 Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Sabtu malam, terjadi penumpukan arus kendaraan dari arah Wangon/jalur Selatan maupun dari arah Purwokerto/jalur tengah.

Personel Kepolisian Resor Banyumas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas tampak mengatur arus lalu lintas agar kemacetan yang terjadi tidak makin parah.

Dalam hal ini, petugas memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan dari arah Wangon maupun Purwokerto di simpang SPBU Ajibarang yang akan menuju jalur pantura/tol Trans Jawa melalui Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Salah seorang pemudik yang hendak balik ke Jakarta, Yuli mengaku berangkat dari Kutoarjo pukul 11.00 WIB namun hingga pukul 20.45 WIB masih tertahan di Ajibarang.

"Tadi di sepanjang perjalanan banyak kemacetan seperti di daerah Kebumen. Namun di sini tampaknya parah banget," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan kemacetan yang terjadi pada arus balik Lebaran 2019 tidak separah tahun Lebaran 2018.

Menurut dia, kemacetan terparah pada arus balik Lebaran 2018 terjadi di tol Cipali.

"Kalau arus mudik tahun ini tergolong sangat lancar. Apalagi saya menggunakan aplikasi 'map' (peta, red.) sehingga lebih mudah mencari jalur yang lancar," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Pos Pelayanan Terpadu Lebaran 2019 Simpang SPBU Ajibarang Iptu Mufti Effendi mengatakan kemacetan arus yang balik di jalur Ajibarang-Bumiayu pada Sabtu, akibat adanya penyempitan ruas jalan di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes.

Oleh karena itu, tambah dia pihaknya memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan dari Purwokerto maupun Wangon di simpang SPBU Ajibarang yang hendak masuk jalur Ajibarang-Bumiayu.

"Bagi pemudik tujuan Jakarta, kami imbau untuk melalui jalur Sokaraja menuju Purbalingga dan selanjutnya masuk tol Trans Jawa lewat Pemalang. Selain itu, bisa juga melalui Wangon menuju Bandung," lanjutnya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tiket pesawat mahal, konsumsi avtur turun

Komentar