Karawang (ANTARA) - A​​​​​​rus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sempat padat merayap pada H+3 Lebaran atau Sabtu.

Pantauan Antara, kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi sejak di Kilometer 66, tepatnya di titik pertemuan arus antara jalan Tol Cipali dengan Cipularang.

Kepadatan arus memanjang hingga jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah perbatasan Karawang-Bekasi. Sehingga petugas melakukan rekayasa lalu lintas melalui sistem "one way".

Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti dalam siaran pers yang diterima di Cikampek, menyampaikan, sistem one way dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Menurut dia, atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga memperpanjang one way arus balik arah Jakarta hingga Kilometer 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Pemberlakuan ini seiring dengan meningkatnya volume lalu lintas arus balik H+2 Lebaran 2019 serta mempertimbangkan lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek di arah sebaliknya (arah Cikampek) terpantau lancar.

Untuk pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Timur (Cikampek/Bandung) maksimal dapat keluar di akses tol Cikarang Barat, selanjutnya dapat menggunakan jalan Arteri.

Sebelumnya, kombinasi rekayasa lalu lintas yang diberlakukan adalah one way dari Kilometer 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai Kilometer 70 GT Cikampek Utama, serta contraflow dari Kilometer 70 sampai Kilometer 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019