Ini yang saya maksud keadilan, setiap orang bisa mengakses buku dengan lebih mudah."
Denpasar (ANTARA) - Aplikasi perpustakaan daring Ganeca Digital hadir memanjakan pembaca untuk memperoleh buku-buku sekolah dan buku umum dengan akses yang cepat dan murah, di tengah kondisi masih mahalnya harga buku cetak dan terkadang sulit untuk diperoleh.

"Buku-buku sekolah itu bisa didapatkan gratis, kecuali buku premium yang pengarangnya minta royalti tentu ada pembayarannya, tetapi tidak banyak," kata Pendiri dan Direktur Utama Ganeca Digital Ketut MB Suardhana di sela-sela peluncuran aplikasi Ganeca Digital di Denpasar, Bali, Sabtu.

Dia mengemukakan, Ganeca Digital merupakan pengembangan dari Ganeca Exact, sebuah perusahaan yang selama ini bergerak di bidang penerbitan buku-buku pendidikan untuk SD, SMP, SMA dan SMK.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga memproduksi berbagai macam jenis buku lainnya termasuk buku cerita, teknologi informasi, komunikasi, dan ensiklopedia.

"Dengan aplikasi yang bisa diunduh melalui android ataupun komputer ini, juga dapat menghubungkan pengarang dan pembacanya di seluruh dunia," ujar Suardhana.

Hal itu, dijelaskan Suardhana, karena selain menyediakan toko buku daring dan aplikasi baca digital, pihaknya sekaligus menjadi penerbit digital yang memfasilitasi para penulis untuk menerbitkan tulisan mereka di aplikasi Ganeca Digital.

"Masyarakat sudah haus dengan segala macam buku, tentunya harus mendapatkan yang murah dan cepat. Ini yang saya maksud keadilan, setiap orang bisa mengakses buku dengan lebih mudah," ucapnya.

Apalagi, ia menilai, menjelang tahun ajaran baru setidak-tidaknya Ganeca Digital dapat membantu menjadi solusi jika sampai ada buku-buku pelajaran yang diterima terlambat oleh siswa karena ada masalah di percetakan.

"Digitalisasi ini juga penting dalam efisiensi buku dan penggunaan kertas," kata Suardhana, yang juga mantan Waketum Kadin Indonesia Bidang Ekonomi Kreatif itu.

Pada acara peluncuran Ganeca Digital yang dirangkaikan dengan seminar bertajuk "Innopreneur & Netpreneur - Mengupas Tuntas Manfaat Ekonomi Digital" tersebut menghadirkan Ketut MB Suardhana sebagai nara sumber.

Selain itu, IGKG Puritan Wijaya (Dosen Stikom Bali) dan Putu Sudiarta SKom selaku founder PT Bamboo Media, Perusahaan Pembangun Applikasi dan Software.

Seminar yang dipandu Eka Budiyasa tersebut diikuti sekira 200 peserta dari berbagai kalangan.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih yang hadir dalam acara itu berpandangan digitalisasi sumber-sumber bacaan serta berbagai naskah penting sangat membantu dan dibutuhkan dalam menghadapi perubahan zaman, terutama kemajuan teknologi informasi saat ini.

Kehadiran Ganeca Digital ini juga diapresiasi I Putu Suasta, seorang politisi dan pelaku usaha yang juga dikenal sebagai pengarang buku.

"Kita harus dukung Ganeca Digital dengan cara-cara yang bisa masyarakat Bali lakukan, salah satunya dengan mengunduh linknya serta membaca naskah yang ada," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan tokoh pendidikan Dr Tini Gorda yang mengaku siap untuk bersinergi dengan Ganeca Digital.

Oleh karena, ia berpendapat, kegiatan itu dapat meringankan tugas dosen dan juga mahasiswa dalam berbagai hal, terutama mencari kajian teori pada jurnal nasional maupun internasional.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019