Banjarmasin (ANTARA) - Petugas Posko Terpadu Angkutan Laut arus balik lebaran melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang kapal untuk menghindari masuknya barang terlarang ke wilayah Banjarmasin melalui jalur laut.

"Setiap kapal laut yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin langsung kami lakukan pemeriksaan ke semua penumpang yang memasuki terminal kedatangan," ucap Kepala Jaga Regu I Polsek KPL Polresta Banjarmasin Iptu Karmadi di Banjarmasin, Minggu.

Dikatakannya, sebagai contoh, penumpang yang dibawa oleh KM Satya Kencana III dengan membawa penumpang sebanyak 665 jiwa, semua barang bawaan mereka dilakukan pemeriksaan dan penumpang kapal yang datang wajib melalui pintu metal detektor.

Bukan itu saja, petugas posko terpadu juga melakukan kerja sama dengan para agen agen pelayaran untuk mencegah peredaran penyalahgunaan narkotika serta barang ilegal yang berpotensi melalui jalur laut.

Untuk mengantisipasi itu, pihak petugas meningkatkan lagi pelaksanaan kegiatan pemeriksaan barang bawaan dengan menggunakan X-ray saat di embarkasi dan Debarkasi penumpang kapal di terminal penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
 


Arus balik lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. (Antarakalsel/foto/Gunawan Wibisono)




Sementara itu petugas Posko juga melaksanakan kegiatan sambang dan kunjungan sebagai bentuk giat pre-emtif dengan memberikan arahan dan imbauan Kamtibmas kepada elemen masyarakat seperti pekerja porter, calon penumpang di pelabuhan Trisakti.

"Imbauan ini kami lakukan agar selalu menjaga tata tertib di terminal kedatangan penumpang kapal sehingga dapat tercipta situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek KPL Banjarmasin," tutur perwira pertama Polri itu.

Terus dikatakannya, sampai saat ini arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin masih dalam keadaan normal, aman, lancar dan tertib serta situasi kondusif.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019