Untuk pantauan arus balik hari ini, tercatat akan ada sekitar 19.850 penumpang turun di Stasiun Gambir dan 23.744 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen
Jakarta (ANTARA) - Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan sebanyak 43.594 penumpang kereta api akan tiba pada Minggu, melalui Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

"Untuk pantauan arus balik hari ini, tercatat akan ada sekitar 19.850 penumpang turun di Stasiun Gambir dan 23.744 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen," kata Eva dalam keterangannya, Minggu.

Dia menjelaskan, sejak 6 Juni hingga 9 Juni 2019 total penumpang yang tiba di Stasiun Gambir berjumlah 78.249 orang. Adapun penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen tercatat mencapai 90.651 orang.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik selama arus balik Lebaran 2019, PT KAI menyiapkan beragam fasilitas seperti penambahan kursi di ruang tunggu hingga kereta api reguler.

"Puncak arus balik diprediksi akan mulai lebih padat pada 9 Juni sampai 16 Juni 2019," ujarnya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, ribuan pemudik yang tiba terlihat mulai memadati stasiun-stasiun kereta api di Jakarta.

Mereka membawa aneka barang mulai dari koper, tas hingga kardus yang berisi oleh-oleh mudik khas kampung halaman, seperti makanan dan suvenir.

"Memilih arus balik naik kereta api lebih efisiensi waktu, karena tanpa macet, meski harus rebutan tiket sejak tiga bulan lalu," kata Juwadi, penumpang kereta api asal Jakarta yang baru saja melakukan perjalanan arus balik dari Cilacap, Jawa Tengah.

Juwadi berharap agar PT KAI dapat menyediakan kereta dan kuota tiket yang lebih banyak pada musim mudik tahun depan, sehingga tidak ada lagi cerita pemudik yang kehabisan tiket dan harus melakukan perjalanan ke kampung halaman pasca Lebaran.
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019