42.964 pemudik tinggalkan Jakarta pada H+3 Lebaran

42.964 pemudik tinggalkan Jakarta pada H+3 Lebaran

Sejumlah calon pemudik menunggu jadwal keberangkatan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2019). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Keberangkatan normal diprediksi mulai akhir minggu depan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 42.964 pemudik meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada Minggu atau H+3 Lebaran 1440 Hijriah.

Mereka menumpangi kereta api dengan tujuan berbagai daerah di Pulau Jawa yakni Cirebon, Solo, Semarang, Madiun, Malang, Kutoarjo, Yogyakarta hingga Surabaya.

"Untuk hari ini masih tercatat ada sekitar 24.138 pemudik dari Stasiun Pasar Senen. Sementara untuk Stasiun Gambir tercatat ada sekitar 18.826 pemudik," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa saat dihubungi di Jakarta, Minggu
Sejumlah calon pemudik melakukan registrasi tiket di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2019). (ANTARA/Sugiharto Purnama)
 ​​​​​​​
Eva mengungkapkan bahwa jumlah keberangkatan saat ini masih di atas rata-rata penumpang harian yang berkisar antara 13.000 - 15.000 orang di Stasiun Pasar Senen dan sebanyak 10.000 - 13.000 orang di Stasiun Gambir.

"Keberangkatan normal diprediksi mulai akhir minggu depan," ujarnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 78 kereta api yang terdiri dari 58 kereta api reguler dan 12 kereta api tambahan, sehingga secara keseluruhan terdapat 957.282 tempat duduk selama masa angkutan Lebaran 2019.

Selain fasilitas kereta api, lanjut Eva, pihaknya juga menambah berbagai fasilitas baru bagi penumpang seperti pembangunan aula dan penambahan kapasitas tempat duduk di ruang tunggu Zona 3 Stasiun Pasar Senen.

Berdasarkan pantauan ANTARA, ribuan calon penumpang itu memadati kedua stasiun sejak Minggu pagi. Mereka membawa berbagai bekal dan oleh-oleh khas Jakarta ke kampung halaman.

Sejumlah pemudik yang tidak mendapat tempat duduk di ruang tunggu rela lesehan di lantai bersama keluarga mereka sembari menunggu jadwal kedatangan kereta api.

"Kemarin Lebaran dulu dengan keluarga mertua di Jakarta, gantian, sekarang mudik ke rumah orang tua di Cirebon," kata Veronika, pemudik asal Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Veronika merencanakan mudik selama sepekan ke Cirebon, Jawa Barat. Dia melakukan perjalanan bersama anaknya yang masih berumur sembilan bulan, sementara suaminya tak bisa ikut karena harus masuk kerja Senin besok (10/6/2019).

"Ada untungnya juga mudik pasca Lebaran, kursi banyak kosong. Perjalanan bisa lebih nyaman," ucapnya.

Adapun pemudik yang tak kebagian tiket kereta api sebelum Lebaran dan harus berangkat pasca Lebaran, terpaksa harus mengambil cuti libur agar bisa pulang ke kampung halaman.

​​​​​​​

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KILAS BALIK 2019 - MEI: RI jadi Presiden DK PBB, terpilihnya kembali Jokowi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar