Arus balik Lebaran di Banda Aceh-Sabang meningkat

Arus balik Lebaran di Banda Aceh-Sabang meningkat

Antrean mobil di Pelabuhan Ulee-lheue, Banda Aceh, Minggu (9/6/2019). (ANTARA / Irman Yusuf.)

Banda Aceh (ANTARA) - Arus balik libur panjang Idul Fitri 1440 Hijriah dari Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh dan Pelabuhan Balohan, Sabang meningkat dan memenuhi dua pelabuhan ini.

"Hari ini puncak arus balik dan penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Ulee-Lheue Banda Aceh maupun Sabang meningkat drastis," kata Supervisi Lintas PT ASDP Indonesia Ferry Perwakilan Sabang, Husaini, di Pelabuhan Ulee-lheue, Banda Aceh, Minggu.

Untuk melayani lonjakan penumpang pada dua pelabuhan tersebut, operator kapal feri menambah jadwwal pelayaran dan melayani hingga lima trip pada rute Banda Aceh-Sabang dan sebaliknya.

"Sejak Jumat hingga hari ini, kami melayani lima trip pulang pergi dan pada Lebaran pertama hanya satu trip PP dan Lebaran kedua tiga trip per hari," ujar Husaini.

Area parkir Pelabuhan Ulee-Lheue Banda Aceh dini hari terpantau padat, dengan kenderaan roda dua dan roda empat memenuhi antrean masuk ke kapal feri.

Jadwal penyeberangan kapal roll on roll off (ro-ro) dari Pelabuhan Balohan, Sabang, dan Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh masing-masing melayani lima trip, pertama pukul 07.30 WIB, kedua pukul 10.30 WIB, ketiga pukul 14.30 WIB, keempat pukul 16.00 WIB, dan kelima pukul 19.00 WIB.

Sebanyak dua kapal feri melayani penyeberangan dari,Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya, yakni KMP BRR dan KMP Tanjung Burang.

KMP BRR berukuran 911 GT menampung penumpang sebanyak 450 orang dengan muatan mobil campuran 25 unit serta 100 unit motor itu beroperasi melayani penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang, sejak tsunami menghantam perairan Aceh pada 26 Desember 2004.

Sedangkan, KMP Tanjung Burang yang berukuran 507 GT hanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 200 orang dan mobil campuran 15 unit, ditambah sepeda motor roda dua 50 unit.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Sabang, Agustiar menyatakan, penambahan rute pelayaran sangat efektif menekan peningkatan antrean penumpang dan kendaraan.

Pasalnya, arus kunjungan wisatawan domestik meningkat hingga 50 persen lebih dibandingkan hari biasanya. Kunjungan wisatawan meningkat sejak hari kedua Lebaran dan diperkirakan puncak arus balik.

"Terjadi peningkatan penumpang hingga 50 peserta yang menyeberang ke daratan dan yang datang pun terlihat meningkat," kata Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Sabang itu pula.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bisnis adenium menjanjikan di Banda Aceh

Komentar