Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Inggris menempati peringkat ketiga akhir UEFA Nations League usai mengatasi Swiss 6-5 lewat adu penalti dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion D. Alfonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Minggu.

Kendati tampil dominan menguasai 60 persen pengendalian bola, namun 13 percobaan tembakan Inggris tak satupun berbuah gol hingga waktu normal usai dalam keadaan 0-0. Skor yang sama juga bertahan hingga dua kali babak tambahan waktu rampung, demikian catatan laman resmi UEFA.

Enam algojo Inggris yakni secara berurutan Harry Maguire, Ross Barkley, Jadon Sancho, Raheem Sterling, Jordan Pickford dan Eric Dier sukses melakukan tugas mereka dalam adu penalti.

Lima penendang awal Swiss yakni Steven Zuber, Granit Xhaka, Manuel Akanji, Kevin Mbabu dan Fabian Schaar juga sukses melakoni tugas mereka, sebelum kemudian eksekusi Josip Drmic berhasil ditepis Pickford untuk memastikan kemenangan Inggris.

Baca juga: Harry Kane dan dua kegagalan selang lima hari

Kapten Inggris Harry Kane memperoleh peluang emas saat laga baru berjalan tiga menit ketika ia menerima umpan kiriman kiper Jordan Pickford dan terus menggiring hingga ke sisi kanan kotak penalti demi melepaskan tembakan ungkit yang sudah tak terjangkau kiper Yann Sommer, namun bola membentur mistar gawang dan akhirnya disapu barisan pertahanan Swiss.

Bek Liverpool Trent Alexander-Arnold yang tak dimainkan di laga semifinal kemudian menunjukkan tajinya dengan melepaskan umpan silang berbahaya pada menit ke-29, sayang Raheem Sterling terlambat satu langkah dan bola akhirnya disapu oleh Nico Elvedi.

Enam menit kemudian, Alexander-Arnold kembali mengirimkan umpan silang yang kali ini tepat sasaran, namun Bamidele Alli menyundulnya melenceng dari sasaran.

Baca juga: Ronaldo incar trofi keduanya bersama Portugal

Inggris kembali hampir memperoleh keunggulan pada menit ke-56 lewat aksi Fabian Schaar yang hampir berbuah gol bunuh diri di kubu Swiss, beruntung bola sapuan liarnya membentur tiang gawang sebelum meninggalkan area permainan.

Semenit berselang, Swiss yang tak banyak menebar ancaman ke gawang Inggris akhirnya memperoleh peluang berarti ketika Granit Xhaka menyambar bola umpan Xherdan Shaqiri di tepian kotak penalti, namun Pickford sigap untuk menggagalkan peluang tersebut.

Setelah penyelesaian Sterling di atas mistar gawang yang membuang umpan kiriman Alexander-Arnold lagi pada menit ke-73, penyerang pengganti Callum Wilson akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Swiss pada menit ke-84. Akan tetapi gol pemain yang masuk menggantikan Kane pada menit ke-75 itu dianulir wasit Ovidiu Hategan usai ia meninjau tayangan ulang VAR untuk memastikan Wilson melanggar Manuel Akanji terlebih dahulu dalam prosesnya.

Usai waktu normal berjalan imbang nirgol, Inggris kembali memperoleh tiga peluang dalam dua kali babak tambahan waktu, yakni sundulan Sterling yang membentur kaki bek Swiss pada menit ke-95, sundulan Alli yang berhasil ditepis Sommer pada menit ke-99 serta tembakan Sterling pada menit ke-118 yang membentur mistar gawang.

Tiga peluang terbuang, pemenang harus ditentukan lewat adu penalti, di mana Pickford jadi sukses menunaikan tugasnya sebagai algojo kelima dan menghalau penendang keenam Swiss, Drmic, utnuk memastikan kemenangan Inggris.

Baca juga: Pratinjau Portugal vs Belanda

Susunan pemain:

Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer; Fabian Schar, Manuel Akanji, Nico Elvedi; Kevin Mbabu, Granit Xhaka, Remo Freuler, Ricardo Rodriguez (Josip Drmic); Xherdan Shaqiri (Steven Zuber), Edimilson Fernandes (Denis Zakaria); Haris Seferovic (Noah Okafor)
Pelatih: Vladimir Petkovic

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Harry Maguire, Danny Rose (Kyle Walker); Fabian Delph (Jordan Henderson), Eric Dier, Jesse Lingard (Jadon Sancho); Raheem Sterling, Harry Kane (Callum Wilson), Bamidele Alli
Pelatih: Gareth Southgate

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019