counter

Liga Spanyol

Madrid harus kantongi Rp4,8 triliun dari penjualan pemain demi FFP

Madrid harus kantongi Rp4,8 triliun dari penjualan pemain demi FFP

Bek Real Madrid asal Prancis Raphael Varane (L'Equipe.com)

Jakarta (ANTARA) - Real Madrid yang tengah merancang kebangkitan dari performa buruk musim lalu memiliki daftar belanja yang cukup panjang, namun sebelum itu mereka harus mengantongi sedikitnya 300 juta euro (sekira Rp4,8 triliun) dari penjualan pemain agar memenuhi regulasi Keadilan Finansial (FFP) UEFA.

Dilansir laporan harian olahraga Spanyol, AS, pada Minggu (9/6), Madrid diperkirakan punya anggaran belanja sebesar 400 juta euro (Rp6,4 triliun) untuk memperkuat skuat mereka musim panas ini.

Namun dari jumlah tersebut, mereka harus bisa meraup 300 juta euro agar bisa memenuhi aturan FFP yang secara mudahnya bisa digambarkan sebagai "masuk satu, keluar satu".

Sejauh ini, dari total 400 juta euro yang dianggarkan Madrid telah menyepakati pembelian Eden Hazard dari Chelsea dengan banderol 100 juta euro disertai klausul pembengkakan angka hingga 50 juta euro lagi serta Luka Jovic dari Eintracht Frankfurt senilai 60 juta euro.

Madrid juga sebelumnya sudah mendatangkan bek Eder Militao dengan banderol 50 juta euro, meski tak jelas apakah itu masuk anggaran musim panas ini atau musim lalu, sebab kesepakatan dicapai Maret 2019 lalu.

Baca juga: Real Madrid kenalkan Hazard pada 13 Juni

Baca juga:
Real Madrid resmi dapatkan Luka Jovic dari Frankfurt

Christian Eriksen, Paul Pogba dan Ferland Mendy beberapa pekan terakhir masih hangat dihubungkan dengan peluang kepindahan selain beberapa nama lain yang tentunya berkelebat di media-media massa Eropa.

Namun, persoalan utama sang presiden Florentino Perez adalah menjual nama-nama untuk bisa memenuhi pendapatan 300 juta euro tersebut.

Gareth Bale, James Rodriguez dan Mateo Kovacic diharapkan nama-nama yang bakal memberi jumlah besar dalam sektor pendapatan Madrid, namun hingga saat ini kendala harga dan besaran gaji kerap membuat klub-klub tak cukup berani mengajukan tawaran.

Bale sendiri dalam beberapa kesempatan selalu menegaskan ia tak tertarik untuk meninggalkan Santiago Bernabeu, meski pelatih Zinedine Zidane tak kalah tegas menyatakan ia tak tertarik menggunakan jasa bintang Wales itu.

Laporan AS menyebut selain ketiganya setidaknya 10 pemain lain juga bakal ditempeli label "dijual" oleh Madrid, termasuk kiper Keylor Navas, bek Jesus Vallejo, Sergio Reguilon dan Theo Hernandez, gelandang Marcos Llorente, Lucas Silva, dan Dani Cebalos serta penyerang Mariano Diaz, Borja Mayoral dan Raul de Tomas.

Baca juga: Real Madrid ingin tukar Gareth Bale dengan Paul Pogba

Baca juga: Agen sebut keinginan Eriksen tinggalkan Tottenham bukan rahasia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar