Pandeglang (ANTARA) - Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) bersikap tegas dan terus memantau kinerja bawahannya, mulai sejak masuk pascalibur Lebaran.

Penyataan itu disampaikan Irna saat melakukan sidak setelah libur Lebaran, Senin untuk memastikan tidak ada pegawai yang bolos para hari pertama kerja usai Idul Fitri.

"Kami yakin banyak tugas kita yang belum terselesaikan karena jam kerja di bulan puasa tidak optimal. Oleh sebab itu selesaikanlah setelah cuti yang cukup panjang," kata Irna Narulita saat sidak ke beberapa OPD.

Bupati berharap kepada OPD dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. "Kita sudah cuti kurang lebih 9 hari, saya rasa itu cukup panjang jadi hari ini harus sudah masuk seperti biasa," ungkapnya.

Untuk yang tidak masuk pada hari pertama pascalibur Lebaran, menurut Irna, akan diberikan sanksi mulai dari keras, ringan, dan sedang sesuai instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB).

"Apabila alasan tidak dapat kami terima, sanksinya sesuai aturan yang berlaku bahkan sampai pemotongan gajinya," ujarnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, sidak ini akan dilakukan di semua OPD dan kantor kecamatan.

"Kalau untuk OPD hari ini selesai, dan jam 12 siang harus sudah verifikasi karena jam 15:00 wib harus disetorkan ke Menpan RB. Untuk Kecamatan, bisa dilanjutkan besok," katanya.

Jika ada pegawai atau ASN yang bolos pada hari pertama masuk kerja, Fahmi mengatakan akan dilakukan pemanggilan keesokan harinya untuk mengikuti apel bersama di BKD. "Kami akan panggil mereka, akan diberikan pembinaan oleh Pak Sekda serta dimintai keterangan alasannya tidak masuk kerja," terangnya.

Terkait empat orang ASN yang tidak masuk di Dinas Perhubungan, kata Fahmi dirinya akan melakukan verifikasi alasan ketidakhadirannya. "Sehingga jelas alasannya sakitkah atau izin. Untuk persentase kehadiran belum dapat dihitung karena masih dilakukan rekap absensi," ujarnya.

OPD yang dikunjungi yaitu Dishub, RSUD, Dindikbud, dan Disdukcapil. Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Pandeglang Pery Hasanudin, Asda Administrasi Umum Setda Undang Suhendar, Kepala Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Yahya Gunawan, Inspektur Iskandar dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kurnia Satriawan.

Baca juga: Bupati Bangka dapatkan tiga pegawai bolos di hari pertama kerja
Baca juga: Kehadiran ASN Solok Selatan usai libur Lebaran hampir 100 persen
Baca juga: Sampah berserakan, Bupati Bogor marah saat sidak di kantor Satpol PP

Pewarta: Sambas
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019