Lebak (ANTARA) - Penumpang arus balik melalui Stasiun Rangkasbitung,Kabupaten Lebak pada H+5 atau Senin (11/6) terus mengalir dari berbagai daerah di Provinsi Banten.

"Semua penumpang arus balik terlayani," kata Kasubur Kom Stasiun Rangkasbitung Rini Cahyani, Senin.

Ia mengatakan pergerakan arus balik Lebaran terus meningkat, sehingga penumpang saling berdesakan akibat terjadi penumpukan saat membeli tiket maupun pintu keluar masuk.

Namun, katanya,  kepadatan penumpang tersebut dapat diatasi berkat keterlibatan puluhan petugas yang juga dibantu PMI guna menunjang kelancaran penumpang arus balik Lebaran., sehingga arus balik berjalan lancar.

Sebagian besar penumpang arus balik menuju Stasiun Kebayoran,Palmerah dan Tanahabang menggunakan Commuterline. Pengoperasian Commuterline sebanyak 20 keberangkatan dan kedatangan.

Sedangkan, KA Lokal melayani Stasiun Serang,Cilegon hingga Merak dengan dilayani KA Lokal yang dioperasikan sebanyak 6 keberangkatan dan kedatangan.

"Kami bekerja keras agar semua penumpang arus balik berjalan lancar," katanya.

Menurut dia, jumlah penumpang kedatangan menggunakan Commuterline dan KA Lokal sejak H-10 sampai H+3 tercatat 213.121 orang dan penumpang keberangkatan 254.582 orang.

Sementara penumpang keberangkatan H-3 tercatat 22.018 orang dan kedatangan 11.413 orang.

"Saya kira puncak arus balik akan terjadi H+6 karena para siswa sudah kembali masuk pada Rabu," katanya.

Sementara itu, sejumlah penumpang arus balik mengatakan bahwa mereka lebih memilih angkutan Commuterline karena terjamin keselamatan dan kelancaran.

Selain itu juga pelayanan cukup baik selama perjalanan maupun turun di stasiun. Disamping itu juga keamanan dan kenyamanan terjamin dengan banyak petugas keamanan tersebut.

"Kami sudah enam tahun lebaran ke kampung halaman selalu menggunakan kereta api,karena murah tiket juga terjamin keselamatan dan kenyamanan," kata Hamid, saat ditemui di Stasiun Rangkasbitung.

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019