Jakarta (ANTARA) - Beberapa waktu terakhir, para warganet membicarakan ulah seorang selebritas Angela Gilsha yang merasa terganggu karena tangisan bayi selama di pesawat.

Melalui Instagram Storiesnya, dia menuliskan kalimat yang menyebut lebih baik membolehkan hewan peliharaan masuk pesawat ketimbang bayi. Belakangan ia meminta maaf atas unggahannya itu.

Terlepas dari siapa yang salah, kasus Angela ini bisa menjadi masukan bagi para ibu yang berniat membawa bayi bepergian dengan pesawat.

Berikut sejumlah kiat dari berbagai sumber bagi para ibu yang ingin bepergian bersama sang buah hati menggunakan pesawat:

1. Bayi mungkin menangis

Tak perlu khawatir jika bayi Anda menangis. Umumnya penumpang lain akan memahami hal itu. Namun, jika ada penumpang yang merasa kesal karenanya, Anda bisa meminta maaf.

2. Pesan kursi ekstra

Anda membutuhkan ruang lebih dan menaruh car seat di bangku pesawat agar balita Anda merasa lebih nyaman dan aman.

"Anak akan lebih nyaman duduk di kursinya sendiri," kata ahli pediatrik dari Mercy Medical Center di Baltimore, Ashanti Woods, seperti dilansir Washington Post.

3. Pertimbangkan posisi kursi

Sebaiknya pilih posisi kursi yang dekat dengan lorong dan di bagian depan untuk memudahkan pergerakan Anda misalnya untuk menenangkan bayi saat dia rewel.

4. Susui bayi

Memberikan ASI atau saat lepas landas bisa membantu karena gerakan menelan akan mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan.

"Bayi akan merasa nyaman dan cukup makan sehingga mungkin hanya menghabiskan beberapa jam berikutnya untuk tidur," ujar CEO laman parenting, Upparent.com, Alexandra Fung.

Ada juga yang menyarankan agar bayi disusui sebelum naik pesawat dan pastikan dia bersendawa.

5. Pastikan popok bersih dan baju bayi nyaman

Fung menyarankan Anda memastikan popok yang anak kenakan bersih. Lalu, baju yang mereka nyaman dan mudah untuk diganti jika ada masalah semisal kena tumpahan makanan.

Pakaian bayi Anda perlu menjadi perhatian. Beberapa ahli mengatakan, bayi yang memakai pakaian lucu membuat mereka cenderung disayangi penumpang lain.

6. Bawa kantong

Susan Fogwell, seorang pramugari dari Devon, Pa, Amerika Serikat menganjurkan Anda membawa kantong plastik yang bisa ditutup.

Ketika Anda selesai mengganti popok sebaiknya masukan popok ke dalam kantong plastik dan buanglah secepat mungkin.

Baca juga: Saran dokter untuk ibu hamil yang ingin mudik

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019