counter

Puncak arus balik Bandara El Tari meningkat

Puncak arus balik Bandara El Tari meningkat

Suasana arus balik di bandara El Tari Kupang. (Antara Foto/ Kornelis Kaha)

Kupang (ANTARA) - Posko Lebaran 2019 di Bandara Internasional El Tari Kupang mencatat penumpang arus balik di bandara itu pada puncak arus balik H+3 atau pada Minggu (9/6) mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan arus mudik.

"Jumlah penumpang arus balik mencapai 3.338 pemudik. Hal ini jika dibandingkan dengan arus mudik, jumlahnya hanya mencapai 2.440 pemudik. Artinya bahwa terjadi peningkatan walaupun tidak signifikan," kata Humas bandara El Tari Kupang, Kadir Usman kepada Antara di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan jumlah pemudik pada arus balik Lebaran 2019 yang melewati bandara El Tari Kupang.

Dirinya menilai bahwa kenaikan penumpang arus balik ini dikarenakan banyaknya penumpang yang saat kembali ke Kupang lebih memilih pesawat terbang.

"Ada perbedaan harga tiket jika dibandingkan dengan arus mudik. Pada arus balik ini harga tiketnya tak semahal pada saat arus mudik," tuturnya.

Ia pun mengatakan bahwa jumlah pemudik pada H+3 juga jika dibandingkan dengan penumpang arus mudik pada H+2 juga masih lebih tinggi jumlah penumpang balik pada H+3.

Namun jika dibandingkan dengan tahun 2018, jumlah pemudik pada tahun 2019 ini mengalami penurunan.

Pada tahun 2018 jumlah penumpang arus balik yang melewati bandara itu mencapai 3.491 pemudik. Hal tersebut artinya bahwa terjadi penurunan penumpang arus balik sebesar 4,38 persen.

Penurunan pemudik melalui bandara itu menurut pihak Angkasa Pura I Bandara El Tari karena tingginya harga tiket pesawat.

Kemudian juga sudah diberlakukannya bagasi berbayar oleh salah satu maskapai penerbangan nasional.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tiket pesawat mahal, konsumsi avtur turun

Komentar