counter

27 ribu wisatawan kunjungi PLTD Apung selama Lebaran

27 ribu wisatawan kunjungi PLTD Apung selama Lebaran

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Iskandar. (ANTARA/M Haris SA)

Dengan tren kunjungan wisatawan yang terus meningkat ini, kami yakin target 500 ribu wisatawan berkunjung ke Banda Aceh pada tahun ini bisa tercapai
Banda Aceh (ANTARA) - Lebih dari 27 ribu wisatawan mengunjungi destinasi wisata tsunami PLTD Apung Banda Aceh selama libur Lebaran 2019, kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Iskandar.

"Dalam tiga hari libur Lebaran kemarin, lebih 27 ribu wisatawan berkunjung ke PLTD Apung," kata dia di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kunjungan ke PLTD Apung didominasi wisatawan nusantara, seperti dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, serta beberapa provinsi lainnya di Pulau Sumatera dan Jawa.

Selain wisatawan nusantara, kata dia, ada juga turis mancanegara, seperti dari Malaysia, Cina, Singapura, Australia, dan beberapa negara di Asia

"Ini menunjukkan bahwa tren kunjungan wisatawan ke Banda Aceh meningkat di tengah mahalnya tiket pesawat sekarang ini," kata dia.

Iskandar optimistis peningkatan kunjungan wisatawan ke Banda Aceh akan terus berlanjut hingga Desember 2019.

Apalagi, kata dia, mulai Juni libur sekolah tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lainnya, seperti Malaysia.

"Dengan tren kunjungan wisatawan yang terus meningkat ini, kami yakin target 500 ribu wisatawan berkunjung ke Banda Aceh pada tahun ini bisa tercapai," kata dia.

Destinasi wisata PLTD Kapal Apung berada di kawasan Punge Blangcut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Dahulu, kapal tersebut merupakan pembangkit listrik diesel yang ditambatkan di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Ketika terjadi tsunami pada 26 Desember 2006, kapal pembangkit listrik tersebut dibawa gelombang besar tersebut dan terdampar di Punge Blangcut yang jaraknya sekitar lima kilometer dari Pelabuhan Ulee Lheue.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Napi Narkoba penghuni terbanyak di Lapas Kelas IIA Banda Aceh

Komentar