Lebak (ANTARA) - Arus balik Lebaran pada H+6 atau Selasa (12/6) melalui Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, berjalan lancar dan tidak terlihat lonjakan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Kita optimistis penumpang angkutan Commuterline dan KA Lokal kembali normal," kata Kasubur Kom Stasiun Rangkasbitung Rini Cahyani saat ditemui di Lebak, Selasa.

Penumpang arus balik Lebaran H+6 mulai berkurang, karena sebagian besar pemudik sudah kembali ke daerah asalnya. Kebanyakan mereka penumpang Commuterline bertujuan Stasiun Serpong, Kebayoran, Palmerah dan Tanahabang.

Sedangkan, KA Lokal menuju Stasiun Serang, Cilegon dan Merak. Saat ini, penumpang arus balik Lebaran tidak terjadi penumpukan di loket maupun pintu keluar stasiun.

Puncak arus balik terjadi H+4 dan H+5 sehubungan memasuki pekerjaan baik instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta.

"Kami menjamin arus balik Lebarab berjalan lancar dan selamat sampai tujuan," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya mengapresiasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 dinilai lebih baik karena perjalanan lancar baik kedatangan maupun keberangkatan Commuterline maupun KA Lokal sesuai jadwal yang ditentukan.

Selain itu juga penumpang tidak ditemukan laporan korban kejahatan selama perjalanan,terlebih petugas kepolisian dan TNI begitu ketat memberikan pengamanan kepada masyarakat yang hendak merayakan lebaran di kampung halaman.

PT KAI bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pengguna jasa angkutan Commuterline dan KA Lokal.

Pelayanan itu, kata dia, komitmen perusahaan pemerintah untuk kelancaran dan keselamatan. "Kami mengutamakan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini, arus balik Lebaran relatif normal berkisar antara 15.000 sampai 20.000 per hari. Kebanyakan penumpang tersebut sebagai pekerja di Tangerang dan DKI Jakarta.

Stasiun Rangkasbitung mengoperasikan 20 keberangkatan dan kedatangan serta KA Lokal sebanyak 6 keberangkatan dan kedatangan.

"Kami minta penumpang agar mentaati tata tertib dengan tidak merokok di sekitar stasiun juga tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019