Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 170 penumpang arus balik diberangkatkan menggunakan KM Persada Nusantara di Pelabuhan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa.

Ketua posko arus mudik Pelabuhan Simboro Mamuju Bahtiar, Selasa sore mengatakan, penumpang arus mudik yang diberangkatkan tersebut merupakan penumpang yang tidak terangkut pada arus balik H+5 atau Senin (10/6).

"Hari ini tercatat 170 penumpang diberangkatkan menuju Pelabuhan Kariangau Kota Balikpapan. Penumpang arus balik tersebut diangkut menggunakan KM Persada Nusantara," kata Bahtiar.

Ia menyatakan, jumlah penumpang arus balik pada H+6 Idul Fitri itu sudah sesuai kapasitas KM Persada Nusantara.

"Itu sudah sesuai kapasitasnya. Jadi, pemberangkatan penumpang arus balik hari ini berlangsung aman dan tertib," ujar Bahtiar.

Ia mengakui, saat ini masih ada sekitar 50 orang yang terpaksa menginap di ruang tunggu Pelabuhan Simboro karena tidak bisa ikut pelayaran KM Persada Nusantara.

"Masih ada sekitar 50 orang yang berada di pelabuhan. Besok (Rabu) KM Laskar Pelangi akan tiba di Pelabuhan Simboro kemudian pada sore harinya akan kembali berlayar mengangkut penumpang arus balik yang tersisa," terang Bahtiar.

Sebelumnya, yakni pada Senin, sedikitnya 255 penumpang arus balik diberangkatkan dari Pelabuhan Simboro Mamuju menuju Kota Balikpapan menggunakan KM Laskar Pelangi.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Mamuju Jondrajuis mengatakan, terdapat dua kapal yang telah disiapkan pada angkutan Lebaran tahun ini, yakni KM Laskar Pelangi dan KM Persada Nusantara.

Kantor UPP Mamuju lanjutnya, telah mengurai para penumpang untuk menghindari terjadinya penumpukan pada arus balik Lebaran tersebut.

"Pada angkutan Lebaran tahun ini, ada satu unit kapal tambahan, yakni KM Persada Nusantara," kata Jondrajuis.

Puncak arus balik di Pelabuhan Simboro kata dia, diprediksi berlangsung mulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2019.

"Para pemudik yang akan kembali ke Kaltim umumnya pekerja tambang dan perkebunan sehingga mereka tidak terlalu terburu-buru pulang, seperti anak sekolah dan ASN," ujarnya.

"Jadi, kami memprediksi, puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Simboro akan berlangsung mulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2019," terang Jondrajuis.

Baca juga: Danlanal Mamuju pantau arus balik di Pelabuhan Simboro

Baca juga: Ratusan penumpang menginap di Pelabuhan Simboro

Pewarta: Amirullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019