Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi telah mempersiapkan Danau Sipin untuk menjadi lokasi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung Tingkat Pelajar yang digelar 24-28 Juli 2019 mendatang yang diikuti sekitar 25 provinsi.

"Saya tadi sudah melihat sejauh mana kesiapan kita untuk melaksanakan Kejurnas Dayung pada tanggal 24 Juli 2019. Alhamdulillah sama-sama kita lihat tadi Danau Sipin telah siap untuk menggelar kegiatan nasional," kata Fachrori usai meninjau Danau Sipin, Selasa.

Penyelenggaraan Kejurnas Dayung Tingkat Pelajar Tahun 2019 di Provinsi Jambi merupakan kerjasama Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Jambi, yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Fachrori mengatakan jalur arena Kejurnas Dayung telah siap 100 persen. Jalurnya telah dipersiapkan dengan baik mulai dari dermaga apung titik start sampai titik finis dan sudah selesai semua.

"Kita optimistis untuk menggelar Kejurnas Dayung ini karena telah dipersiapkan secara baik. Kita tadi sudah sama-sama melihat tinggal sedikit saja merapikan kekurangan yang belum selesai," ujar Fachrori.

Nantinya Pemerintah Provinsi Jambi akan segera membenahi beberapa kekurangan, seperti masih adanya keramba apung milik masyarakat sekitar di sisi kanan dan kiri jalur arena. Pemerintah Provinsi Jambi akan meminta masyarakat untuk sementara memindahkan keramba apung tersebut, karena keberadaan keramba apung tentu akan mengurangi keindahan arena lomba.

"Kita akan meminta masyarakat agar memindahkan atau menggeser sementara keramba apung, karena penyelenggaraan Kejurnas Dayung ini hanya beberapa hari saja. Masyarakat sekitar juga tentu sangat senang sekali dengan diadakannya event nasional di Danau Sipin ini," katanya.

Fachrori juga berharap masyarakat Jambi bisa merasakan manfaat pelaksanaan event berskala nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, khususnya dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat baik pada bidang perhotelan, kuliner, transportasi, dan jasa-jasa lainnya.

"Saya harap dengan pelaksanaan Kejurnas Dayung yang akan diselenggarakan di Danau Sipin ini, bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Jambi, khususnya masyarakat yang berada di sekitar Danau Sipin. Salah satu dampak positifnya adalah meningkatnya perekonomian masyarakat Jambi dan Jambi lebih dikenal lagi oleh masyarakat di luar Provinsi Jambi," ujarnya.

Fachrori juga mengatakan, Kejurnas Dayung Tingkat Pelajar ini menjadi titik tolak bagi Danau Sipin, selain sebagai tempat menampung air bagi Kota Jambi, juga sebagai tujuan wisata dan olahraga bagi masyarakat Jambi.

"Bisa kita lihat, saat ini sudah ada jogging track di pinggiran danau, sudah ada beberapa toko yang berjualan dan masyarakat Jambi juga sudah mulai banyak berkunjung ke Danau Sipin untuk berekreasi bersama keluarga serta menjadikan Danau Sipin sebagai tempat untuk menikmati senja dan menghabiskan akhir pekan," katanya menjelaskan.

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat Jambi untuk sama-sama menjaga Danau Sipin, baik masyarakat yang tinggal di sekitar danau maupun masyarakat yang datang berkunjung agar Danau Sipin tetap asri, bersih dan rapi.

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019