Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Festival Pulau Senua, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan kembali digelar pada Minggu (16/6) dengan menghadirkan ragam olahraga air, kesenian rakyat hingga kuliner tradisional Natuna.

Berbagai olahraga air dan pantai akan diperlombakan dalam kegiatan wisata tahunan tersebut, mulai dari perlombaan kolek, renang, diving, lomba bercerita dan voli pantai.

"Juga ada suguhan kuliner tradisional dan kesenian rakyat khas Natuna," ujar Buralimar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Rabu.

Buralimar optimis, seperti pada penyelengaraan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan itu tidak hanya diramaikan masyarakat lokal saja. Namun, juga wisatawan mancanegara (wisman) yang sedang berlayar menggunakan kapal yacht, melewati perairan Natuna dan Anambas.

“Ada sekitar 20 yacht dari berbagai negara seperti Australia yang memang setiap tahunnya melewati perairan Anambas dan Natuna. Kami harapkan tanggal 16 Juni itu mereka bisa hadir di Festival Pulau Senua,” ungkap Buralimar.

Selain Festival Pulau Senua, lanjut Buralimar, pada Juli 2019 mendatang akan digelar Festival Padang Melang, Anambas. Kemudian, disusul dengan Tour De Kepri pada Oktober, dan Festival Bahari Kepri (FBK) pada November.

Dia katakan, tercatat selama 2019 ini ada sekitar 200 event pariwisata yang digelar di seluruh Kepri.

“Tidak semua oleh provinsi. Ada juga yang diselenggarakan kabupaten dan kota, juga dari industri. Kita semua berkolaborasi,” imbuhnya.

Baca juga: Kepri targetkan Festival Otak-otak mendunia

Baca juga: Kirab Obor Asian Games dimeriahkan kesenian tradisional

Baca juga: Singapura-Malaysia ikut "Tarung Pantun" di Batam

Pewarta: Ogen
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019