counter

Kepala Badan POM ajak semua pihak bersinergi lakukan pengamanan pangan

Kepala Badan POM ajak semua pihak bersinergi lakukan pengamanan pangan

Kepala Badan POM Penny K. Lukito (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA) -- Dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia atau World Food Safety Day yang diadakan setiap tanggal 7 Juni, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Penny K. Lukito mengajak semua pihak untuk bersinergi melakukan pengamanan pangan.

Sesuai dengan tema yang ditetapkan Food and Agriculture Organizations (FAO) tahun ini yaitu “Food safety, everyone’s business” atau “Keamanan pangan, tanggung jawab kita semua”, Kepala Badan POM menekankan pentingnya keamanan pangan yang harus menjadi proritas bersama di sepanjang jalur rantai makanan.

“Keamanan pangan merupakan isu penting yang menjadi salah satu pilar untuk menentukan kualitas, kesehatan bangsa, dan menentukan daya saing ekonomi serta perdagangan produk pangan Indonesia. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama, seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Adanya kemungkinan potensi risiko bahaya terhadap keamanan pangan, maka penyelenggaraan keamanan pangan harus dilakukan secara holistik, terkoordinasi, dan sistemik di sepanjang hulu hingga hilir rantai pangan.

Untuk mencegah itu, baik pemerintah, pelaku usaha maupun masyarakat yang termasuk di dalamnya kalangan akademisi/perguruan tinggi dan media harus saling bersinergi dalam melakukan pengamanan pangan.

Dalam hal ini, Badan POM berkoordinasi dengan lintas sektor dan lintas kepemerintahan untuk memperkuat tata kelola pengawasan pangan serta terus mengembangkan sistem pengawasan pangan yang efektif untuk mewujudkan keamanan pangan di Indonesia.

“Badan POM siap memberikan fasilitas perkuatan kapasitas dan pendampingan melalui program strategis yang terus dikembangan bagi pelaku usaha pangan, terutama Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pangan siap saji,” jelas Penny.

Selain itu, tambah Penny, pihaknya bersama masyarakat selalu terus meningkatkan pemahaman dan perkuatan masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi.

Sebagai Kepala Badan POM, Penny terus mengajak dan menghimbau untuk bersama-sama mengawal keamanan pangan di Indonesia, baik melalui pembinaan maupun pengawasan.

“Selamat Hari Keamanan Pangan Dunia, mari bersama kita wujudkan Indonesia yang maju, terdepan, dengan tingkat keamanan pangan yang unggul,” tutupnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BPOM siapkan aturan penjualan obat dan komestik secara daring

Komentar