counter

Tiket pesawat mahal, penumpang angkutan laut Babel naik 31,83 persen

Tiket pesawat mahal, penumpang angkutan laut Babel naik 31,83 persen

Penumpang kapal laut memadati Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel.antaranews.com/ Aprionis)

Penumpang kapal meningkat, karena sebagian masyarakat beralih menggunakan transportasi laut sebagai dampak harga tiket pesawat udara tinggi
Pangkal Pinang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat jumlah penumpang angkutan laut antarpulau yang berangkat dari provinsi penghasil bijih timah itu pada April 2019 sebanyak 17.400  orang, atau naik sebesar 31,83 persen dibanding bulan sebelumnya 13.200  orang.

"Penumpang kapal meningkat, karena sebagian masyarakat beralih menggunakan transportasi laut sebagai dampak harga tiket pesawat udara tinggi," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Darwis Sitorus di Pangkal Pinang, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan penumpang angkutan laut pada April tahun ini terjadi di empat pelabuhan. Jumlah penumpang berangkat di Pelabuhan Tanjung Pandan naik 45,32 persen, Pelabuhan Pangkalbalam 32,24 persen, Belinyu 30,39 persen, dan Pelabuhan Tanjung Kalian meningkat 25,56 persen.

Sementara itu penumpang kapal di Pelabuhan Dendang, Manggar, Sungai Selan, dan Toboali tidak ada penumpang berangkat.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-April 2018), secara kumulatif jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh pelabuhan
se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat naik sebesar 46,63 persen," katanya.

Menurut kedatangan penumpang angkutan laut, pada April 2019 penumpang yang datang tercatat sebanyak 15.830  orang. Jumlah tersebut naik sebesar 13,82 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Dari lima kategori pelabuhan tercatat bahwa empat pelabuhan mengalami peningkatan jumlah penumpang yang datang, yakni Pelabuhan Belinyu sebesar 87,04 persen, Tanjungpandan 27,00 persen, Pelabuhan Tanjung Kalian sebesar 15,95 persen, dan Pelabuhan Pangkalbalam sebesar 4,33 persen," ujarnya.

Adapun pada pelabuhan kategori lainnya (Dendang, Manggar, Sungai Selan, Toboali) tercatat tidak ada kedatangan penumpang.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-April 2018) kedatangan penumpang di seluruh pelabuhan tercatat mengalami kenaikan sebesar 36,87 persen," katanya.

Kapal laut jadi pilihan paska kenaikan harga tiket pesawat

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar