Jakarta (ANTARA) - Menurut pengobatan Tiongkok dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat dapat membantu memulai sistem pencernaan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti meredakan hidung tersumbat dan memberikan efek rileks.

Air hangat juga disebut sebagai pengatur tubuh alami, membantu meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan saluran hidung, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu masih banyak manfaat lain yang diberikan jika meminum air hangat seperti yang akan dibahas berikut ini, menurut Boldsky, Kamis.

1. Menenangkan sistem saraf
Minum air hangat dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh Anda. Dengan sistem saraf berfungsi dengan baik tanpa masalah, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit.

2. Membantu menurunkan berat badan
Minum air hangat membantu memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu penurunan berat badan. Saat minum air hangat, tubuh menurunkan suhu internal dan meningkatkan metabolisme Anda.

Minum segelas air panas atau hangat dengan lemon atau madu sehabis makan. Lemon memiliki serat pektin yang mengendalikan keinginan untuk makan dan sangat ideal untuk orang-orang yang melakukan diet.

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Air hangat membantu memecah timbunan lemak dan endapan yang menumpuk di sistem saraf. Pada gilirannya hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam sistem Anda, sebab air hangat membantu organ peredaran darah untuk mengembang dan membawa darah secara lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

4. Menghilangkan racun
Minum air hangat membantu mengeluarkan semua racun berbahaya dari tubuh sehingga membersihkan sistem Anda.
Jika Anda minum air hangat secara teratur, sistem endokrin akan aktif sehingga menyebabkan berkeringat. Hal ini membantu membuang racun dan menghilangkannya dari tubuh.

5. Meredakan rasa sakit
Minum air hangat meningkatkan aliran darah ke jaringan yang memungkinkan otot untuk rileks. Hal ini akan membantu meredakan rasa sakit mulai dari nyeri sendi hingga kram menstruasi.

Jika Anda menderita sakit perut, sakit kepala atau kurang enak badan, minumlah segelas air panas untuk meringankannya secara instan.

6. Mengontrol stres
Jika akhir-akhir ini Anda merasa stres, minumlah air hangat untuk meredakannya. Kortisol adalah hormon penyebab stres dalam tubuh. Efek air hangat akan membuat otak rileks dan menenangkan Anda, sehingga mengurangi tingkat stres.

7. Mengurangi nyeri haid
Salah satu manfaat utama dari minum air hangat adalah dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Panas dari air menghasilkan efek menenangkan pada otot-otot perut sehingga mengurangi kejang dan kram.

Baca juga: Minum air lemon hangat di pagi hari bisa rusak gigi

Baca juga: Bolehkah mandi air hangat saat menstruasi?
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019