Manado (ANTARA) - Sebanyak delapan sekolah disiapkan panitia menjadi lokasi penyelenggaraan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) yang akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tanggal 1 Juli 2019 mendatang.

Sekolah-sekolah tersebut, kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen, di Manado, Kamis yaitu SMA Eben Haezar Manado, SMA N 1 Manado, SMA N 9 Manado, SMA Rex Mundi Manado, SMA St. Nikolaus Tomohon, SMA MIS Kolongan, SMK N 1 Manado dan SMK N 2 Manado.

"Seluruh perangkat daerah diharapkan ikut menyukseskan pelaksanaan OSN SMA yang akan digelar di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Tomohon mulai tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019," ajaknya.

Sukses penyelenggaraan kegiatan, kata dia, tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga harus diikuti dengan kesuksesan prestasi siswa peserta dari Sulut yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

"Semua panitia dan perangkat daerah yang terlibat diharapkan all out menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Diperkirakan sebanyak 1.500 tamu akan menghadiri OSN ini di antaranya sebanyak 1.100 siswa ditambah 400 orang lainnya yang terdiri dari pendamping, juri dan panitia pusat.

"Kita akan menyambut dengan sebaik mungkin seluruh tamu yang hadir di sini dengan budaya nusantara sehingga kualitas dari pelaksanaannya lebih baik dari sebelumnya," ungkap Silangen.

OSN SMA tahun 2019, lanjut dia, akan memperlombakan sembilan mata pelajaran yaitu kimia, geografi, informatika, biologi, ekonomi, kebumian, fisika, matematika,  dan astronomi.

"Mari kita menjaga keamanan sehingga memberikan rasa nyaman bagi seluruh peserta, pendamping, juri dan panitia pusat yang menghadiri acara ini," ajaknya.***3***

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019