counter

Lebih dari 10 ribu pemudik tiba di pelabuhan Tanjung Priok

Lebih dari 10 ribu pemudik tiba di pelabuhan Tanjung Priok

Penumpang berada di KM Dobonsolo yang akan berlayar ke timur dengan tujuan di antaranya Surabaya, Makassar dan Jayapura di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (13/6/2019). (ANTARA/Dyah Dwi)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 10.987 penumpang kapal yang merupakan pemudik dari sejumlah daerah di Indonesia telah kembali ke Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Priok, pada  puncak arus balik pada Minggu (9/6) hingga Kamis.

Perwira jaga pos Kementerian Perhubungan dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Agus Hermawan, Kamis mengatakan kapal program mudik dan balik gratis 2019 dari Kementerian Perhubungan terakhir tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis pagi.

"Hari ini terakhir, sudah tidak ada lagi kapal program mudik gratis," tutur Agus.

Pemudik yang turun dari KM Dobonsolo pada Kamis sebanyak 1.775 dengan rincian orang dewasa sejumlah 1.376, anak-anak 226 orang dan bayi 173 orang. Sementara kendaraan yang diangkut 762 sepeda motor.

Sementara penumpang paling banyak tiba pada hari Selasa (11/6) dari Semarang menggunakan KM Dobonsolo terdapat 2.067 penumpang serta dari Batam dengan KM Kelud sebanyak 3.360 penumpang.

Selain pada Selasa (11/6) dan Kamis (13/6) program mudik gratis dengan KM Dobonsolo juga mengangkut pemudik pada Minggu (9/6) sebanyak 1.542 penumpang.

KRI Banda Aceh yang berangkat dari Pelabuhan Panjang juga dioperasikan untuk mudik gratis dan membawa 378 penumpang serta 105 motor ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, terdapat delapan kapal komersial lain yang mengangkut pemudik pada saat arus balik.

Hingga hari ini terpantau penumpang melakukan perjalanan dengan KM Dobonsolo yang akan melakukan perjalanan ke arah Timur, di antaranya tujuan Surabaya, Makassar, Sorong, Jayapura, Ambon dan Biak sebanyak 1.175 orang.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menko Maritim ingin pelabuhan di Banten seperti Tanjung Priok

Komentar