counter

Pemprov koordinasi dengan kementerian PU buka akses Sultra-Sulteng

Pemprov koordinasi dengan kementerian PU buka akses Sultra-Sulteng

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (topi hitam) bersama Menpan RI, Andi Amran Sulaeman (baju putih kedua kanan) saat meninjau jembatan Trans Sulawesi di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara. (Foto ANTARA/ Harianto).

Konawe Utara (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara  Ali Mazi mengatakan Pemprov Sultra telah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tentang permasalahan jembatan Trans Sulawesi di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara yang putus akibat di terjang banjir bandang sejak 2 Juni 2019 lalu.

"Insya Allah dalam waktu dekat, menteri PU akan datang meninjau langsung jembatan Asera yang putus akibat banjir bandang bulan Juni lalu," kata Ali Mazi, Kamis, saat mendampingi Menpan RI melakukan kunjungan lokasi dampak banjir di Konawe Utara.

Gubernur Sultra, Ali Mazi juga menepis rumor penyebab bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Konawe Utara, bukan karena aktivitas pertambangan, tetapi ujian dari Allah SWT.

"Untuk penyebab banjir di Konawe Utara ini, kita perlu lakukan kajian ilmiah, jangan langsung berspekulasi bahwa penyebab banjir ini adalah karena tambang. Banjir di Konawe Utara ini adalah ujian dari Allah SWT," tegasnya.

Ali Mazi juga mengatakan, pihak Pemprov Sultra akan membantu memulihkan rumah-rumah warga di daerah Konawe Utara yang telah terkena dampak banjir bandang.

"Pemerintah Provinsi akan membantu memulihkan rumah-rumah yang terkena dampak banjir, kebetulan di Pemprov ada program bedah rumah. Tahun ini kami akan alihkan anggarannya disini," katanya.

Ali Mazi juga mengajak kepada semua pihak, untuk bersatu mengutamakan upaya pemulihan daerah Konawe Utara pasca bencana banjir bandang, bukan mencari penyebab dari banjir tersebut.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar