counter

Gubernur bakal perbaiki rumah warga korban banjir Konawe Utara

Gubernur bakal perbaiki rumah warga korban banjir Konawe Utara

Gubernur Sultra Ali Mazi (topi hitam) bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman meninjau korban banjir di Desa Wanggudu Raya, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Kamis (13/6). (ANTARA/Harianto).

Konawe Utara, Sultra, (ANTARA) - ​​​​Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi akan membantu memulihkan rumah-rumah warga di Konawe Utara yang menjadi korban banjir.

"Pemerintah provinsi akan membantu memulihkan rumah-rumah warga yang terkena dampak banjir," kata dia di Konawe Utara, Kamis (13/6), usai mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman meninjau lokasi banjir di daerah itu.

Dia mengatakan alokasi perbaikan rumah itu diprioritaskan bagi masyarakat yang rumahnya hanyut akibat banjir bandang.

"Dari provinsi, kebetulan di pemprov ada program bedah rumah. Tahun ini kami akan alihkan anggarannya di sini, untuk membantu masyarakat yang menjadi korban banjir", kata Ali Mazi.

Dia juga mengatakan bantuan bedah rumah tersebut bukan hanya kepada warga korban banjir di Konawe Utara, tetapi bantuan tersebut akan diberikan juga di Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka Timur, dan Kabupaten Konawe Selatan.

"Program bedah rumah ini akan dilakukan di setiap daerah yang rumahnya memang terkena dampak banjir, seperti di daerah Kabupaten Konawe, Kolaka Timur, dan Konawe Selatan," kata dia.

Ali Mazi juga mengajak kepada semua pihak untuk bersatu dalam memulihkan daerah Konawe Utara pascabencana banjir bandang, dan bukan mencari penyebab dari banjir tersebut.

"Sementara untuk jembatan di Kecamatan Asera yang putus akibat diterjang banjir, Mentan RI telah melakukan komunikasi langsung dengan Menteri PU RI, dan dalam waktu dekat Menteri PU akan meninjau langsung jembatan tersebut dan kemudian melakukan perbaikan", kata dia.
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar