Indeks Dow Jones Industrial Average naik 101,94 poin atau 0,39 persen, menjadi berakhir di 26.106,77 poin. Indeks S&P 500 bertambah 11,8 poin atau 0,41 persen, menjadi ditutup pada 2.891,64 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 44,41 poin atau 0,57 l
New York (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street naik pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi) setelah selama dua hari berturut-turut turun, karena saham energi rebound dipicu lonjakan harga minyak di tengah kekhawatiran gangguan pasokan menyusul serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Amerika Serikat telah menilai bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan-serangan itu, yang terjadi di dekat Iran dan Selat Hormuz, yang dilewati seperlima dari konsumsi minyak global.

Minyak berjangka menetap lebih dari dua persen lebih tinggi, sementara indeks energi S&P 500 naik 1,3 persen terbesar dari 11 sektor utama.

"Kami berkelok-kelok di sini dengan kekuatan di sektor minyak karena di situlah berita penggerak pasar hari ini," kata Bucky Hellwig, wakil presiden senior di BB&T Wealth Management di Birmingham, Alabama.

Sementara itu keuntungan dalam saham energi membantu pasar, serangan tanker menambah kekhawatiran potensial bagi investor.

"Masih ada kekhawatiran atas risiko geopolitik," kata Quincy Krosby, kepala strategi pasar di Prudential Financial di Newark, New Jersey.

Saham-saham telah memiliki pergerakan yang kuat pada Juni sejauh ini, di tengah harapan Federal Reserve akan bertindak untuk melawan ekonomi global yang melambat karena meningkatnya perang perdagangan dengan China. Indeks acuan S&P 500 naik sekitar lima persen sejauh bulan ini.

Tetapi kehati-hatian menjelang pertemuan The Fed minggu depan dan KTT Kelompok 20 pada akhir bulan membatasi kenaikan hari ini. Pasar telah mengantisipasi penurunan suku bunga di beberapa titik tahun ini.

"Pasar sedang menunggu untuk mendengar dari The Fed ... dan apakah mereka akan menyimpang sama sekali dari sikap terbaru mereka - dan saya menyebutnya posisi dovish aktif - dan untuk melihat apakah mereka terus meletakkan dasar untuk penurunan suku bunga mungkin nanti di musim panas," kata Krosby.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 101,94 poin atau 0,39 persen, menjadi berakhir di 26.106,77 poin. Indeks S&P 500 bertambah 11,8 poin atau 0,41 persen, menjadi ditutup pada 2.891,64 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 44,41 poin atau 0,57 lebih tinggi menjadi 7.837,13 poin.

Saham Walt Disney Co naik 4,4 persen, memberikan S&P 500 dorongan terbesar, setelah Morgan Stanley menaikkan perkiraan pertumbuhan pelanggan Disney Plus.

Di bidang perdagangan, ada keraguan tentang perbaikan apa yang disebut oleh Presiden Donald Trump hubungan perdagangan "testy" dengan China menjelang G20.

Beberapa perusahaan termasuk rantai furnitur RH mengutip dampak potensial dari tarif yang lebih tinggi pada bisnis mereka dalam laporan setelah bel penutupan Rabu (12/6/2019), meskipun RH mengatakan telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak tarif dan meningkatkan prospek untuk tahun ini.

Saham Twitter Inc turun 3,1 persen setelah broker Moffett Nathanson mengatakan pihaknya memperkirakan biaya perusahaan media sosial itu meningkat dan pertumbuhan pendapatannya melambat.

Saham-saham yang naik melebihi jumlah yang menurun di NYSE dengan rasio 2,66 banding satu; di Nasdaq dengan rasio 2,23 banding satu.

S&P 500 membukukan 31 tertinggi baru 52-minggu dan satu terendah baru; Komposit Composite mencatat 58 tertinggi baru dan 64 terendah baru.

Volume perdagangan di bursa AS mencapai 5,99 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 6,87 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019