Untuk angkutan umum saat ini banyak yang parkir di depan pelabuhan...
Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan, memperpanjang pengoperasiab posko terpadu arus balik penumpang Lebaran 1440 Hijriah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Bambang Gunawan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat mengatakan arus balik penumpang melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin saat ini kembali padat.

Ia memperkirakan puncak arus balik di wilayah kerjanya tersebut baru akan terjadi akhir minggu depan, di mana para pekerja perkebunan dan pertambangan sudah mulai habis masa cutinya.

Mengantisipasi lonjakan tersebut, akhirnya posko penanganan arus balik di Pelabuhan Trisakti diperpanjang hingga Jumat (21/6) Juni 2019.

Selain itu juga terlihat beberapa angkutan antara kota dan antar provinsi banyak yang parkir sementara di depan pelabuhan untuk mendapatkan penumpang guna mengantar pemudik ke tempat tinggal masing-masing.

"Untuk angkutan umum saat ini banyak yang parkir di depan pelabuhan, hal itu untuk memudahkan para penumpang kapal untuk kembali ke tempat tinggal masing-masing," katanya.
 
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Bambang Gunawan bersama tim .(Antaranews Kalsel/Latif Thohir)


Diperkirakan hingga akhir minggu depan kepadatan penumpang kapal akan terus terjadi, seperti yang terjadi saat ini.

Menurut Bambang, hingga H+7 jumlah penumpang arus balik telah mencapai hampir 7.000 orang, sementara arus mudik hingga H-3 Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah sekitar 17.000 penumpang.

Berarti, tambah dia, masih ada sekitar 10.000  penumpang arus balik yang akan datang melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Sementara penumpang naik atau dari Banjarmasin ke Surabaya, sudah kembali normal, sehingga kapal roro sudah bisa kembali mengangkut kendaraan atau truk hingga 50 unit.

Kasubdit Kepelautan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkappel) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Hendri Ginting yang meninjau arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kamis (13/6) mengatakan dibanding 2018 arus mudik maupun arus balik semakin baik.

Menurut dia, masih padatnya arus balik melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, membuat posko penanganan arus balik di pelabuhan juga diperpanjang.

Secara nasional, pokso arus balik telah ditutup sejak Jumat (14/6) ini, namun khusus untuk posko di Pelabuhan Trisakti akan diperpanjang hingga Jumat (21/6), karena baru terjadi gelombang arus balik saat ini.


 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019