Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Mardani H Maming menjanjikan untuk memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

"Saat menjabat Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan selama 1,5 periode (2010-Juli 2018) saya peduli dengan anak-anak muda yang memiliki jiwa wirausaha," kata Mardani kepada wartawan, di Jakarta, Jumat.

Mardani menjelaskan kepedulian itu direalisasikan dengan menggelar ajang "proposal wirausaha" untuk menantang anak-anak muda yang memiliki ide bisnis untuk diadu kelayakannya, dan bagi pemenangnya diberikan hadiah dan modal awal untuk memulai usaha.

Mardani mengatakan salah satu program yang digulirkan apabila dipercaya menjadi Ketum Badan Pengurus Pusat HIPMI adalah mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk menjadi pengusaha sukses.

Sedangkan Elvina seorang pengusaha muda mengatakan Mardani memang cocok untuk merepresentasikan sosok pengusaha sukses nasional terbukti dia mampu membangun daerahnya saat menjadi Bupati Tanah Bumbu.

Programnya, menurut Elvina, selalu terkait dengan dukungan terhadap pengusaha pemula, pengusaha muda, serta pelaku UKM dan IKM dengan cara memberi peluang dan kesempatan berkembang baik melalui pameran, tantangan bisnis, hingga pelatihan-pelatihan bisnis.

Elvina optimistis kalau Mardani terpilih memimpin HIPMI maka akan menggelorakan semangat kewirausahaan dengan memberikan program pengembangan untuk pemuda-pemudi Indonesia supaya bisa lebih meningkatkan daya saing dan daya kreativitas dengan negara-negara lain.

Selanjutnya dia juga kerap menemui para pengusaha muda yang ada di pelosok-pelosok untuk diberi kesempatan berkembang dan maju, ujar Elvina.

Dukungan serupa datang dari Nurul Istiqomah pemilik bisnis kuliner yang dirintis sejak 2014 dan kini merambah bisnis kemitraan melalui produk unggulannya, burger bakar.

"Saya sangat mendukung keinginan Mardani untuk menjadi Ketum HIPMI karena berhasil membimbing pengusaha-pengusaha muda pemula dengan memberikan ilmu wirausaha maupun permodalan. Jarang sekali ada tokoh yang mmperhatikan pengusaha muda pemula," ujar Nurul.

Kepedulian Mardani terhadap pengusaha muda di Kalimantan Selatan dapat dilihat dengan banyak business competition maupun event yang diadakan oleh MHM Official, wadah komunitas bisnis yang didirikan oleh Mardani, di antaranya MHM Menantang Pemuda Banua Jadi Pengusaha, Kelas Menulis Kreatif, Turnamen Mobile Legends, Koboy Kampus Challenge, dan lain-lain.

Sementara itu bagi Oka Wakyudi, interaksi dengan Mardani telah menghadirkan kesan mendalam bagi dirinya.

Ia bercerita bahwa dirinya termasuk salah satu pemenang Program Proposal Wirausaha 2018. Waktu itu Oka mengajukan konsep bisnis di bidang pertanian modern dengan cara hidroponik.

"Dari awal saya dikasih modal Rp20 juta dari Mardani, saya bikin pelan-pelan dan sampai saat ini mulai mengembangkan sayap. Masih terngiang akan pesan beliau ke saya yang mengatakan kalau berbisnis itu kamu harus kuasai dari hulu hingga hilir," katanya lagi.

Pesan Mardani dari hulu ke hilir inilah yang kini dengan konsisten diterapkan oleh Oka hingga usahanya menjadi berkembang pesat meliputi divisi perkebunan, penyedia peralatan pertanian hidroponik, penjualan sayur hidroponik, edukasi perkebunan hidroponik hingga jasa pembuatan perkebunan dan instalasi hidroponik.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019