Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Republik Vanuatu Paul Munster mengatakan, pertandingan melawan Indonesia di laga persahabatan FIFA pada Sabtu (15/6) di Jakarta, merupakan salah satu persiapan skuatnya untuk mengikuti Pacific Games 2019 pada 7-20 Juli 2019 di Samoa.

"Laga ini menjadi persiapan menuju Pacific Games. Sebelumnya, kami juga sudah menjalani beberapa pertandingan persahabatan," kata Munster dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat.

Menurut Munster, bertanding di stadion sebesar SUGBK yang mampu menampung lebih dari 75 ribu penonton, menjadi pengalaman yang bagus bagi para pemainnya.

Apalagi, mereka akan bermain di bawah riuh dukungan ribuan suporter untuk timnas Indonesia.

"Banyak pemain kami yang belum pernah berlaga di stadion seperti itu. Tentu laga tersebut akan menjadi pengalaman bagus untuk mereka," tutur pelatih berusia 37 tahun tersebut.

Sementara terkait timnas Indonesia, Munster mengaku tidak terlalu banyak mengetahuinya.

Namun, secara pribadi, dia kenal dengan Simon. Pelatih asal Irlandia tersebut pun yakin rekannya itu menyiapkan para pemain terbaik untuk pertandingan menghadapi timnya.

"Populasi penduduk di Indonesia sangat banyak dan level liga Indonesia sudah cukup bagus. Jadi saya rasa besok akan menjadi pertandingan yang menarik," kata Munster.

Sementara kapten timnas Vanuatu Kency Tangis menyebut dia dan teman-temannya sudah siap untuk laga kontra Indonesia.

"Kami sudah tidak sabar," tutur Tangis.

Timnas Vanuatu terlibat di turnamen sepak bola pesta olahraga multi cabang negara-negara Samudera Hindia Pacific Games tahun 2019 yang berlangsung di Apia, Samoa, 7-20 Juli 2019.

Dalam kompetisi tersebut, Vanuatu bergabung di Grup A bersama Selandia Baru, Papua Nugini, Tonga dan tuan rumah Samoa.

Sebelum menghadapi Indonesia, Vanuatu sudah menjalani tiga pertandingan persahabatan internasional sejak Maret hingga Juni 2019 dengan hasil satu kali menang, satu seri dan satu kalah.

Mereka menang dengan skor 2-0 atas Tahiti, seri 0-0 dengan Fiji dan kalah 3-1 dari Kepulauan Solomon. 

Baca juga: Simon McMenemy isyaratkan Indonesia tetap gunakan formasi 3-4-3

Baca juga: McMenemy mengaku timnas Indonesia kurang tahu kekuatan Vanuatu


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019