counter

Jepang: Serangan tanker akan dibahas pada pertemuan menteri G20

Jepang: Serangan tanker akan dibahas pada pertemuan menteri G20

Foto satelit Sentinel memperlihatkan gumpalan asap dari kapal tanker Front Altair di Teluk Oman, Kamis (13/6/2019), saat diproses oleh Copernicus Support Office menggunakan EO Browser. ANTARA FOTO/European Union, Copernicus Sentinek data [2019]/via REUTERS/aww/cfo

Tokyo (ANTARA) - Menteri Industri Jepang Hiroshige Seko pada Jumat mengatakan serangan terhadap dua tanker di Teluk Oman pekan ini akan dibahas pada pertemuan menteri lingkungan dan energi G20 akhir pekan ini.

Pertemuan tingkat menteri Kelompok 20 ekonomi utama itu akan berlangsung di Karuizawa, barat laut Tokyo, menjelang KTT G20 yang akan digelar di Osaka, Jepang barat pada 28-29 Juni.

Dua tanker, yang dioperasikan perusahaan pengiriman Jepang, diserang di Teluk pada Kamis. Amerika Serikat menuding Iran atas serangan tersebut, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang konfrontasi baru antara AS dan Iran sekaligus menyebabkan lonjakan harga minyak. Teheran membantah terlibat dalam insiden tersebut.

"Menjaga keamanan energi merupakan sesuatu yang kita dapat berbagi dengan menteri lain dan merupakan isu kebijakan penting untuk dibahas dalam pertemuan menteri energi G20," kata Seko saat konferensi pers.

"Timur Tengah adalah wilayah utama bagi keamanan energi global. Kami ingin membahas tentang kekhawatiran kami dan tentang keamanan serta ancaman global dengan para menteri lain," kata dia.


Baca juga: Harga minyak melonjak setelah serangan kapal tanker di dekat Iran


Seko tidak menjawab ketika ditanyai apakah Jepang akan menerjunkan pasukan bersenjata mereka ke Teluk untuk melindungi tanker.

Pihaknya juga menolak untuk mengomentari pernyataan pejabat AS yang menuding Iran aktor di balik serangan tersebut, dengan mengatakan Jepang masih mendalami lebih lanjut insiden itu.

Serangan tanker terjadi saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berada di Teheran guna membantu meredakan meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran.

Sumber: Reuters
​​​​​​​
Baca juga: AS salahkan Iran atas serangan terhadap tanker di Teluk Oman

Baca juga: Arab Saudi berkomitmen pasok pasar minyak pascaserangan


 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Erdogan berencana kunjungi Indonesia awal 2020

Komentar