counter

Peringati donor darah sedunia, ratusan warga Medan donor darah

Peringati donor darah sedunia, ratusan warga Medan donor darah

Kegiatan donor darah di kantor palang merah indonesia (PMI) Sumatera Utara, Jumat (14/6). (Antara Sumut/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Medan (ANTARA) - Memperingati hari donor darah sedunia (HDDS) yang di gelar setiap tanggal 14 Juni, ratusan warga kota Medan melakukan donor darah di kantor palang merah indonesia (PMI) Sumatera Utara.

Tingginya tingkat kesadaran warga kota Medan untuk mendonorkan darahnya mendapat apresiasi dari pihak PMI, dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah Horas P. SPB.
 
Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah Horas P. SPB. (Antara Sumut/Nur Aprilliana Br Sitorus)


"Diharapkan dengan bertepatan dengan hari donor darah sedunia ini, masyarakat yang belum pernah mendonorkan darahnya, mau menjadi pendonor aktif," katanya, Jumat (14/6).

Ia menambahkan, selain sebagai kegiatan kemanusiaan, donor darah juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dengan mendonorkan darah secara teratur akan membantu merangsang produksi sel-sel darah baru yang akan membuat tubuh lebih sehat.

"Karena selain banyak manfaatnya bagi kesehatan seperti dapat mengencerkan darah di dalam tubuh, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Donor darah juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan darah untuk kebutuhan medis," jelasnya.

Peringatan world blood donor day (WBDD) atau hari donor darah sedunia (HDDS) diperingati sejak tahun 2005 pada tanggal 14 Juni.

Tanggal ini merupakan hari kelahiran Karl Landsteiner pada 14 Juni 1868 seorang ilmuwan yang memenangkan Hadiah Nobel atas penemuan sistem golongan darah ABO.


Baca juga: Peringati donor darah sedunia, Ketua PMI Makassar ajak donor darah

Baca juga: "Berikan Hadiah Kehidupan: Donorkan Darah"

 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

JK: Idealnya dua persen dari penduduk jadi pendonor darah

Komentar