Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara siap menyukseskan program pembangunan infrastruktur, terutama pembangunan proyek strategis nasional (PSN) di daerah tersebut.

Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud dihubungi dari Samarinda, Sabtu mengatakan bahwa daerahnya terdapat beberapa PSN seperti rel kereta api, jembatan tol dan Jembatan Pulau Balang serta kawasan industri Buluminung.

Menurut dia, pembangunan rel kereta api akan berlanjut setelah dilakukan pertemuan lanjutan antara Gubernur Isran Noor dengan pihak Russian Railways dan Dubes Rusia.

"Beberapa kegiatan PSN siap dilanjutkan. Seperti kereta api yang sudah sejak lama dicanangkan. Akan kita tindaklanjuti dan kami sangat mendukung," ujar bupati termuda di Kaltim ini di Kantor Gubernur Kaltim.

Baginya, infrastruktur apalagi jalan dan jembatan itu pasti dibangun untuk kepentingan rakyat.

Selain memudahkan jalur transportasi juga mempercepat arus distribusi barang yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Khusus jembatan tol PPU-Balikpapan, dia mengatakan bahwa sudah bertemu langsung dengan Komisaris Utama Waskita Bahrudin Haiti dan siap melanjutkan pembangunannya.

"Provinsi sudah setuju dan kami apresiasi. Saya rasa segera saja dilaksanakan dengan pola pembiayaan dari swasta nasional atau BUMN," harapnya.

Bupati yang wilayahmya disebut-sebut sebagai salah satu daerah alternatif pembangunan kawasan pusat pemerintahan Indonesia ini meyakinkan proyek-proyek yang dibangun pemerintah pasti didukung penuh masyarakat, termasuk penyediaan dan pembebasan lahan guna percepatan pelaksanaan pembangunan.

"Saya positif dan jamin masyarakat pasti mendukung program pembangunan infrastruktur di PPU," ujar Abdul Gafur Mas'ud. 

Baca juga: KPPIP upayakan penyelesaian berbagai isu proyek strategis nasional

Baca juga: KPPIP pastikan 89 Proyek Strategis Nasional selesai triwulan III-2019


Pewarta: Arumanto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019