counter

Copa America 2019

Dua gol dianulir, satu kartu merah, Peru vs Venezuela berakhir nirgol

Dua gol dianulir, satu kartu merah, Peru vs Venezuela berakhir nirgol

Wasit Wilmar Roldan (kiri) memperlihatkan kartu merah kepada pemain tim nasional Venezuela Luis del Pino Mago dalam laga penyisihan Grup A Copa America 2019 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Sabtu (15/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Henry Romero)

Jakarta (ANTARA) - Laga penyisihan Grup A Copa America 2019 antara Peru melawan Venezuela berakhir imbang nirgol di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Minggu dini hari WIB, setelah laga diwarnai dua gol yang dianulir serta satu kartu merah oleh wasit.

Wasit Wilmar Roldan menganulir dua gol Peru yang dicetak pada menit ketujuh dan ke-64, sedangkan Venezuela harus menyelesaikan laga dengan 10 pemain sejak Luis del Pino Mago menerima kartu kuning kedua pada menit ke-75, demikian catatan laman resmi turnamen.

Hasil membuat kedua tim sementara ini berada di urutan kedua klasemen Grup A dengan koleksi satu poin di bawah Brazil (3) dan di atas Bolivia (0).

Laga baru berjalan tujuh menit ketika kiper Wuilker Farinez meninggalkan sarangnya demi mengantisipasi bola tendangan bebas namun malah bertabrakan dengan Renato Tapia.

Bola jatuh ke kaki Christofer Gonzales yang berhasil melesakkan ke dalam gawang, namun wasit kemudian berkonsultasi cukup lama dengan VAR sebelum memutuskan Farinez dilanggar Tapia dalam proses terjadinya gol.

Venezuela lantas berganti mengancam gawang Peru ketika Salomon Rondon berusaha menyelesaikan umpan silang kiriman Yangel Herrera pada menit ke-23, namun kiper Pedro Gallese melakukan aksi penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang tersebut.

Peru lantas memperoleh dua peluang berbahaya beruntun lewat Paolo Guerrero dan Luis Abram pada menit ke-42 dan ke-43 namun, keduanya digagalkan oleh Farinez serta halauan Tomas Rincon.

Usai turun minum, Peru kembali berada di depan dalam penguasaan bola dan kendali permainan hingga akhirnya Jefferson Farfan berhasil menanduk bola umpan silang pemain pengganti Edison Flores untuk menjebol gawang Venezuela pada menit ke-64.

Sayangnya, gol itu juga dianulir lantaran Flores berada dalam posisi offside ketika menerima bola di sisi kanan pertahanan Venezuela yang terlihat jelas dalam tayangan ulang.

Empat menit sesudahnya Jhon Murillo memperoleh peluang saat menerima umpan terobosan dari Rondon, namun tembakannya malah tepat mengarah ke Gallese.

Peru mendapat keuntungan setelah Del Pino melakukan pelanggaran terhadap Andy Polo yang dijawab wasit dengan kartu kuning kedua pada menit ke-75 dan dua menit kemudian mereka sangat mengancam gawang Venezuela ketika bola muntah tembakan Farfan berusaha disambar Flores namun Farinez kembali melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-82, Flores kembali menciptakan peluang untuk Peru lewat tembakan mendatar dari tepian kotak penalti namun lagi-lagi Farinez menggagalkannya.

Di sisa waktu yang ada, tak ada gol tercipta dan kedua tim harus rela berbagi satu poin dari laga pertama.

Peru akan menghadapi Bolivia pada Selasa (18/6) sedangkan Venezuela bertemu tuan rumah Brazil sehari kemudian.

Baca juga: Brazil menangi laga pembuka, tundukkan Bolivia 3-0

Baca juga: Prediksi Argentina vs Kolombia


Susunan pemain:

Venezula (4-3-3): Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Jhon Chancellor, Mikel Villanueva, Luis del Pino Mago; Junior Moreno (Ronald Hernandez), Tomas Rincon, Yangel Herrera; Jhon Murillo (Yeferson Soteldo), Jefferson Savarino (Darwin Machis), Salomon Rondon
Pelatih: Rafael Dudamel

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia, Yoshimar Yotun (Andy Polo); Jefferson Farfan, Christian Cueva (Edison Flores), Christofer Gonzales (Andre Carrillo); Paolo Guerrero
Pelatih: Ricardo Gareca

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar