counter

Penyelenggara Jateng Fair 2019 diminta tampilkan hal baru

Penyelenggara Jateng Fair 2019 diminta tampilkan hal baru

Pengunjung menyaksikan pertunjukan “Dancing Fountain” atau air mancur menari saat Pesta Rakyat Jateng Fair 2017 di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP), Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2017). (ANTARA/Aji Styawan)

Semarang (ANTARA) - Penyelenggara gelaran Jateng Fair 2019 diminta mengemas dan menampilkan hal-hal yang lebih baru dan berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

"Harapan saya ini agar Jateng Fair, sebagai fair-nya warga Jateng menampilkan sesuatu yang baru dengan melibatkan partisipasi masyarakat, serta kolaborasi artis nasional dan lokal," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Minggu.

Orang nomor satu di Jateng itu secara khusus juga meminta penyelenggara Jateng Fair 2019 bisa menampilkan berbagai bentuk permainan sinar laser, "virtual reality", maupun "video mapping" sebagai pertunjukan andalan, setelah tahun lalu mengandalkan air mancur menari.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PT Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng Titah Listiorini mengaku akan melaksanakan instruksi Gubernur Ganjar Pranowo.

"Sesuai harapan Bapak Gubernur, kami akan wujudkan Jateng Fair 2019 yang jauh berbeda dari sebelumnya. Lebih baru dan tentu, lebih menarik," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya menggandeng Telkom Sigma pada gelaran Jateng Fair pada 28 Juni 219 hingga 14 Juli 2019.

"Keterlibatan Telkom Sigma itu akan menampilkan fitur teknologi digital yang publik bisa melihat teknologi masa depan melalui Futuria dengan penuh kegembiraan," katanya.

Sebelumnya, Titah menjelaskan bahwa Jateng Fair 2019 akan mengangkat tema kemegahan Candi Borobudur.

Pihaknya akan membuat dekorasi bernuansa Candi Borobudur selama 17 hari pelaksanaan Jateng Fair 2019 di kompleks PRPP Semarang.

"Temanya itu Borobudur yang mulia dan agung atau 'Glorious Borobudur' karena Candi Borobudur merupakan aset Jateng yg telah mendunia, maka kami kerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko yang kebetulan tahun ini mereka akan mencanangkan Borobudur sebagai tempat spritual dan cagar budaya, bukan hanya tempat wisata," katanya.

Dekorasi antara lain dengan menghadirkan area Borobudur Mini Park atau taman replika Candi Borobudur, Borobudur Art and Agriculture dan area Borobudur Culinary Fair.

Selain itu, para pengunjung Jateng Fair 2019 juga dapat menikmati suguhan pertunjukan sinar laser yang menampilkan ornamen-ornamen Candi Borobudur.

Untuk peserta pameran, penyelenggara Jateng Fair 2019 menghadirkan gerai berisi produk- produk unggulan, seperti tempat wisata, kuliner maupun kerajinan tangan, yang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Termasuk peserta pameran dari unsur BUMN, BUMD, swasta, hingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pengunjung juga dihibur aksi panggung Nella Kharisma, Hanin Dhiya, Ndx Aka, Fourtwnty, Souljah, band Grassrock, Ita Purnamasari, dan sebagainya.

Baca juga: Jateng Fair 2019 angkat tema kemegahan Candi Borobudur

Baca juga: Transaksi Jateng Fair Baru Capai Rp45 Miliar

Air Mancur Menari Meriahkan Jateng Fair 2017

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar